Vaksinasi Dosis Pertama untuk Warga Depok Capai 16,47 Persen

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus gencar lakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga yang jumlahnya mencapai satu juta lebih peserta (sasaran) vaksinasi.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, pihaknya terus bersinergi dan berkolaborasi dengan para stakeholder guna mempercepat proses vaksinasi.

“Sampai sekarang, kami terus menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan instansi maupun para stakeholder supaya vaksinasi ini segera memenuhi sasaran dan target,” kata Novarita kepada Jabar Ekspres, Rabu (21/7).

Menurut Novarita, jumlah peserta/penerima vaksin yang menjadi sasaran sebanyak 1.636.356 orang. Angka tersebut sudah termasuk yang umum (berdasarkan kategori usia) dan kelompok lanjut usia (lansia).

“Angka tersebut sudah mencakup jumlah keseluruhan warga Depok yang menjadi sasaran vaksinasi,” terangnya.

Sementara, lanjut dia, untuk jumlah peserta yang sudah menjalani vaksinasi datanya masih bervariasi, karena masing-masing dibagi berdasarkan dosis yang diterima.

“Kebetulan setiap peserta berbeda dalam menjalani vaksinasi, ada yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua, sementara lainnya masih dosis pertama,” papar dia.

Mereka yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama sejauh ini berjumlah 269.431 peserta atau setara 16,47 persen dari total sasaran penerima vaksin.

“Sedangkan, untuk yang dosis 2, sampai sekarang baru sebanyak 120.215 orang atau berkisar 7,34 persen,” ujarnya.

Dirinya berharap, target vaksinasi dapat segera tercapai, agar pemerintah bisa menekan lonjakan penularan Covid-19. Untuk itu, ia mengajak masyarakat agar segera melakukan vaksinasi.

“Bagi yang belum melakukan vaksinasi semoga segera dilakukan, mengingat Pemkot telah memfasilitasi layanan vaksinasi di setiap fasilitas kesehatan (faskes) baik di rumah sakit maupun di setiap Puskesmas. Dengan begitu, warga tidak perlu repot untuk mendatangi sentra-sentra layanan vaksinasi di wilayah masing-masing dengan mudah,” katanya.

Di samping itu, ia juga mengucapkan banyak terima kasih terutama kepada petugas Kepolisian, TNI, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Depok, dan seluruh stakeholder yang sejauh ini telah berkontribusi besar terhadap proses vaksinasi di Depok.

“Mudah-mudahan Covid-19 segera berakhir sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” pungkasnya. (hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan