Ratusan Anak di KBB Sudah Divaksinasi Covid-19

BANDUNG – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 12 hingga 17 tahun. Adapun, pelaksanaan vaksinasi untuk anak sekolah di KBB dimulai sejak Rabu, 14 Juli 2021.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat, Nurul Rasyihan mengatakan, sampai saat ini sebanyak 417 anak sudah divaksinasi Covid-19.

“Untuk vaksinasinya sudah berjalan. Sampai hari ini ada sekitar 417 anak yang sudah divaksinasi. Kalau soal target, itu semaksimal mungkin,” ungkap Nurul saat dihubungi, Selasa (20/7).

Di KBB sendiri ada sebanyak 187 ribu anak usia 12-17 tahun yang ditargetkan bakal menjalani vaksinasi Covid-19. Jumlah tersebut didapat dari data yang dikantongi Puskesmas di setiap desa.

“Jadi data awal ini laporan dari puskesmas karena kan tiap puskesmas punya data rentang usia warga. Terus di kecamatan juga ada. Jadi untuk data ini belum melibatkan Dinas Pendidikan (Disdik),” jelas Nurul.

Saat ini tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun masih bercampur dengan orang dewasa bahkan lansia, yakni di setiap fasilitas kesehatan hingga sentra vaksinasi yang digelar setiap instansi termasuk Dinkes Bandung Barat.

“Sejauh ini untuk yang khusus bagi anak belum ada, jadi masih campur. Tapi kedepannya akan ada gebyar vaksinasi khusus untuk anak, jadi kita akan koordinasi dulu dengan Disdik untuk sinkronisasi data yang mereka punya dengan data kita,” ujar Nurul.

Sejauh ini pihaknya belum menerima ada laporan soal anak yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dan mengalami efek samping usai vaksinasi. Hal itu diharapkan bisa meningkatkan keyakinan orangtua untuk mendukung vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak mereka.

“Menang permasalahan di masyarakat itu banyak yang menolak vaksinasi. Karena enggak paham dan terlalu banyak menyerap berita hoaks. Jadi dengan edukasi yang kita berikan dengan melibatkan lintas bidang dan program, diharapkan bisa jadi bekal dan meyakinkan mereka agar mendukung vaksinasi termasuk buat anak-anaknya,” ujar Nurul.

Vaksinasi Covid-19 pada anak-anak kata Nurul menjadi salah satu upaya meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindarkan potensi paparan virus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan