Jangan Anggap Remeh! Sakit Kepala Ternyata Juga Gejala Covid-19 Varian Delta

JAKARTA – Covid-19 varian Delta memang menunjukkan gejala unik dan berbeda dari virus aslinya yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok. Jika dulu seseorang umumnya mengalami batuk dan sesak, kini gejala seperti flu biasa bisa menjadi tanda Covid-19. Bahkan, sakit kepala tak boleh dianggap remeh saat ini, karena bisa jadi itu gejala Covid-19 Varian Delta.

Variasi gejala pada pasien Covid-19 telah terjadi dari waktu ke waktu karena munculnya pelbagai varian virus seperti Alfa, Delta, dan lainnya. Sebuah penelitian berbasis di Inggris mengatakan ada gejala virus Covid-19 yang dilaporkan secara luas seperti dilansir CNBC.

Studi Zoe Covid Symptom telah mengidentifikasi lima gejala yang muncul dalam beberapa minggu terakhir. Gejala yang disorot studi Zoe Covid Symptom justru menunjukkan sakit kepala adalah gejala utama.

Studi tersebut telah melacak wabah sejak lockdown pertama dimulai pada Maret 2020 dengan menggunakan data dari jutaan orang Inggris yang melaporkan sistem mereka melalui aplikasi. Pemimpin penelitian ini, Prof Tim Spector, kepada The Telegraph mengatakan sejak awal Mei, varian Covid-19 ini tampaknya “bekerja” sedikit berbeda.

Sakit kepala ada di daftar paling atas. Kemudian disusul pilek, bersin, sakit tenggorokan, dan kehilangan bau. Gejala ini bisa muncul meski seseorang sudah divaksinasi dosis penuh.

Varian Delta merupakan strain baru Covid-19 yang pertama kali ditemukan di India. Varian Delta kini mendominasi kasus aktif Covid-19 di sejumlah negara. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan