Sudah Capai 543 Orang, Kasus Positif Covid-19 di Kelurahan Rancaekek Kencana

RANCAEKEK – Pemerintah pusat hingga tingkat desa sampai sekarang masih terus berupaya menekan penyebaran virus Covid-19.

Terkait hal itu, lonjakan sempat terjadi di beberapa daerah termasuk di Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Saat dimintai konfirmasi di tempat kerjanya pada Rabu (14/7), Lurah Rancaekek Kencana, Irwan Hardiansyah mengamini banyak warganya yang positif Covid-19.

“Kita sudah evaluasi pada hari Sabtu sudah konfirmasi ke para (Ketua) RW, ternyata data yang 400 sekian itu dari 1 Januari sampai tanggal 7 Juli (2021),” kata Irwan.

Irwan menerangkan, jumlah warga Kelurahan Rancaekek Kencana yang terpapar hingga lebih dari 400 orang itu merupakan data dari Puskesmas Rancaekek yang ditotalkan sejak Januari sampai Juli 2021.

“Setelah dikonfirmasi ke masing-masing RW, memang kita ada penambahan, tapi masih di sekitaran 70 sampai 80 (orang positif Covid-19),” ujar Irwan.

Irwan menjelaskan, dari data laporan pada Sabtu (10/7) kemarin, setiap orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri bersama keluarganya masing-masing dalam satu rumah.

“Memang yang isolasi mandiri plus keluarganya. Jadi kalau positif ibunya atau bapaknya, berarti anaknya juga isolasi mandiri,” ucap Irwan.

Menurutnya, sampai saat ini warga Kelurahan Rancaekek Kencana yang positif Covid-19 masih menjalani masa isolasi mandiri.

“Kalau kita ratakan satu keluarga empat (orang), berarti kalau 70 yang positif (Covid-19) dikali empat, berarti ada 280 (orang) yang isolasi mandiri,” pungkas Irwan.

Irwan mejelaskan, dari banyaknya warga Kelurahan Rancaekek Kencana yang menjalani isolasi mandiri, beberapa sudah hampir selesai isoman.

“Per Sabtu (10/7) ada yang sudah satu minggu, ada yang baru tiga hari. Malah per Sabtu ada yang tinggal dua hari lagi,” imbuh Irwan.

Dalam pemaparannya, Irwan berharap, semoga dari data per Sabtu (10/7) kemarin, Kelurahan Rancaekek Kencana tidak mengalami penambahan jumlah warga yang positif Covid-19.

Diketahui, di Kecamatan Rancaekek terdapat tiga puskesmas, salah satunya Puskesmas Rancaekek yang mengawasi empat desa dan satu kelurahan.

Adapun empat desa tersebut di antaranya Desa Rancaekek Wetan, Rancaekek Kulon, Sukamanah serta Tegal Sumedang, dan untuk kelurahan yaitu Rancaekek Kencana.

“Sebelum bulan Juni di Kelurahan Rancaekek Kencana itu sekitar 200 orang terkena (positif) Covid-19,” ucap Muhammad Algi Rizky Lazuardi sebagai Epidemiologi Kesehatan Puskesmas Rancaekek, Rabu (14/7).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan