Pengangguran di Kota Bandung Capai 147.081 Orang, Apa Upaya Disnaker?

Dengan adanya 147.081 data penganggur di Kota Bandung, Kadisnaker kini masih berupaya semaksimal mungkin demi mendorong talenta muda di Kota Bandung

BANDUNG –  Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan bahwa untuk saat ini tidak ada peningkatan angka pengangguran di Kota Bandung selama pandemi Covid-19.

Sementara itu, sejak tahun 2020 hingga sekarang, angka pengangguran di Kota Bandung mencapai 147.081 orang.

“Jadi data peningkatan pengangguran di Kota Bandung ini untuk saat ini data terakhir itu berada di angka 147.081 (orang), dan masih bisa dibilang standar,” ungkapnya saat dihubungi Jabarekspres.com pada Senin (12/7).

Namun, berdasarkan data, angka tersebut nyatanya lebih tinggi daripada jumlah pengangguran di tahun sebelumnya, 105.067 orang.

Arief mengatakan, jika nantinya ada peningkatan, pihaknya akan menyiapkan langkah-langkah terkait  peningkatan kompetensi terhadap perusahaan dan pekerja. Bahkan ia pun menyebut, hal itu sudah disiapkan sejak pandemi Covid-19 belum melanda Indonesia.

“Jadi pada saat Pandemi (Covid-19) belum masuk, kami sudah menyiapkan langkah-langkah bagaimana untuk mendorong untuk wirausaha baru, peningkatan kompetensi. Dan kita juga mengajak para pengusaha dan pekerja agar bisa mempertahankan perusahaan-perusahaan yang masih berdiri,dan jangan sampai menjadi perselisihan dan menjadi bangkrut,” ujarnya.

Salah satunya, adalah dengan mendorong generasi muda di Kota Bandung untuk bekerja dan meningkatkan kompetensi dengan belajar di luar negeri.

“Nah kita juga berusaha bagaimana untuk mendorong agar lulusan kita, atau para pekerja kita (Kota Bandung) bisa go international, dan bisa bekerja di luar negeri,” ucapnya.

“Lalu untuk anak-anak yang berprestasi di sekolahnya, agar bisa mereka melanjutkan sekolahnya di luar negeri. Kita berikan semangat seperti itu,” tambahnya.

Namun, Arief mengatakan, adanya pandemi Covid-19 ini membuat rencana tersebut tertunda sementara.

“Jadi dengan adanya Covid ini, ada beberapa kegiatan yang kita tunda atau tunggu dulu sesuai kondisi yang ada. Dan kita juga sedang mencoba melakukan langkah-langkah untuk melakukan secara daring (online),” Ujarnya

Sementara itu, Arief pun berharap kepada masyarakat yang masih menganggur atau belum bekerja agar aktif mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan, termasuk di website Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung.

Tinggalkan Balasan