10 Manfaat Daun Mint yang Harus Diketahui untuk Kesehatan

Menghirup minyak esensial mint dapat langsung melepaskan serotonin dalam darah yang merupakan neurotransmitter yang terkenal untuk meredakan gejala stres dan depresi.

5. Menyehatkan kulit

Memiliki khasiat anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi jerawat pada kulit dan juga karena daun mint mengandung asam salisilat dalam jumlah tinggi yang berfungsi sebagai anti jerawat dan bertindak sebagai pembersih kulit yang efektif.

Selain itu, daun mint memiliki sifat antioksidan yang membantu Anda mendapatkan kulit bersih dan awet muda dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Mint juga menjaga kelembapan pada kulit, membersihkan sel-sel kulit mati, dan kotoran dari pori-pori kulit, serta menjadikan kulit tampak bercahaya dan kencang.

6. Perawatan mulut

Minyak esensial dalam mint dapat membantu Anda mendapatkan nafas segar. Karena itu, menggunakan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung minyak peppermint dapat membantu membunuh bakteri di mulut dan memberikan kesehatan pada gusi dan gigi.

7. Meningkatkan daya ingat

Berdasarkan penelitian, daun mint dapat meningkatkan daya ingat dan mengembalikan fungsi kognitif otak. Mengonsumsi secara rutin dapat meningkatkan kekuatan otak dengan meningkatkan kewaspadaan, dan retensi memori, serta fungsi kognitif lainnya.

8. Menurunkan berat badan

Minyak esensial mint merangsang enzim pencernaan untuk meningkatkan aliran empedu dan meningkatkan pencernaan.

Ini juga membantu dalam meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Ketika tubuh mampu berasimilasi dan menyerap nutrisi dengan baik, metabolisme Anda meningkat. Peningkatan metabolisme ini mendorong penurunan berat badan.

9. Mengobati flu biasa

Jika Anda sedang berjuang melawan flu dan sulit bernapas, mint adalah obat terbaik untuk itu. Sebagian besar obat gosok dan inhaler mengandung mint.

Mint secara alami membersihkan tenggorokan, hidung, bronkus, dan paru-paru yang tersumbat. Selain saluran pernapasan, mint juga meredakan iritasi akibat batuk kronis.

10. Meredakan gejala mual

Mint merupakan pengobatan efektif untuk mengatasi mual yang sering terjadi pada morning sickness. Memakan beberapa lembar daun mint atau menciumnya setiap pagi dapat membantu ibu hamil mencegah rasa mual. (Antaranews)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan