Kabupaten Bandung Butuh Pasokan Vaksin dan Tambahan Nakes

SOREANG – Kebutuhan vaksin untuk Kabupaten Bandung adalah sebanyak 5,6 juta vaksin dengan jumlah penduduk sebanyak 3,6 juta jiwa.

Bupati Kabupaten Bandung dadang supriatna mengatakan, untuk mencapai jumlah ideal masyarakat yang harus divaksin adalah 80 persen atau sekitar 2,8 juta jiwa. Target ini harus tercapai pada Desember 2021.

‘’Jika dibagi menjadi 6 bulan, maka idealnya dilakukan sekitar 800 ribu vaksin per bulan, atau sekitar 40 ribuan vaksin per hari (20 hari efektif),’’ucap kang DS sapaan akrabnya.

Pemkab Bandung bekerjasama dengan TNI/Polri, baru dapat melaksanakan sekitar 120.000 vaksin per bulan.

Namun, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan, per hari Kabupaten Bandung baru mampu melaksanakan vaksin sebanyak 7 ribu.

Untuk bisa mengejar 40 ribuan vaksin per hari, dibutuhkan para relawan tenaga vaksinator. Hal ini dilakukan karena Kabupaaten Bandung sendiri menghadapi kekurangan tenaga kesehatan.

Selain penambahan nakes, suport pengadaan vaksin juga harus dilakukan, terutama bantuan vaksin dari pemerintah provibnsi jawa Barat.

‘’Kami juga terus berupaya dengan menggandeng para pengusaha, untuk ikut berpartisipasi,” ucap Kang DS sapaan akrabnya. (yul/yan)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan