oleh

Bandung Raya Masuki Musim Kemarau, Ini Penjelasan BMKG

BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyebutkan jika wilayah Bandung Raya sudah mulai memasuki Musim Kemarau pada akhir Dasarian III Juni atau awal Dasarian I Juli 2021.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan jika musim kemarau di wilayah Bandung Raya sejauh ini diprediksi masih bakal terus terjadi terjadi pada Agustus hingga September 2021.

“Untuk wilayah Bandung Raya sudah memasuki musim kemarau pada akhir Juni dan puncaknya di Agustus-September. Kami akan terus melakukan monitoring dan pemutakhiran informasi terkait dengan puncak musim kemarau di Bandung Raya,” ungkap Teguh saat dihubungi, Jumat (2/7).

Baca Juga:  Masih Belum Jelas, Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Bandung Barat

Berdasarkan pengamatan dan analisis data Curah Hujan yang dipantau oleh BMKG Bandung, wilayah Bandung Raya, wilayah Bandung Raya mengalami Musim Hujan lebih panjang dari normalnya.

“Awal Musim kemarau di wilayah Bandung Raya mundur sebanyak 2 hingga 3 dasarian dari normalnya,” terangnya.

Dirinya mengatakan ada sejumlah penyebab kemunduran awal musim kemarau, di antaranya masih tingginya tingkat kelembapan di wilayah Jawa Barat yang disebabkan beberapa fenomena meteorologis baik yang sifatnya global maupun regional.

Baca Juga:  Pengelola Wisata KBB Komitmen Terapkan Pembatasan Pengunjung

“Suhu Muka Laut (SST) di wilayah Laut Jawa utara Jawa Barat mengalami anomali positif. Aktifnya IOD (-) yang berlangsung sejak awal Mei 2021. Serta tumbuhnya sirkulasi Eddy dan pusat tekanan rendah di sekitar Jawa Barat,” jelasnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga