Siapkan Ruang Isolasi Bagi Warga yang Terpapar Covid-19, Desa Waluya Bandung Berikan Fasilitas Lengkap

CICALENGKA – Antisipasi warga yang perlu isolasi akibat terpapar positif Covid-19, Desa Waluya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung siapkan ruangan khusus.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Waluya, Aa Suryana mengaku, pihak desa telah berikan fasilitas lengkap pada ruang isolasi bagi warga.

“Kita kantor BPD (Badan Permusyawaratan Desa) gunakan sebagai ruang isolasi,” kata Aa kepada Jabar Ekspres di kediamannya, Kamis (30/6).

Fasilitas yang disiapkan tidak tanggung-tanggung, Aa menjelaskan, telah menyiapkan ketersediaan air bersih hingga adanya televisi.

“Kita malah sampai sediakan TV biar warga gak bosan selama isolasi mandiri, air bersih siap, pangan juga pasti dikirim,” ujarnya.

Kendati demikian, warga Desa Waluya yang terpapar positif Covid-19, kata Aa enggan untuk melakukan isolasi di tempat yang telah disiapkan pihak desa.

“Warga lebih milih isolasi di rumah masing-masing. Mungkin lebih nyaman di rumah,” imbuhnya.

Aa mengatakan, meskipun warga memilih isolasi mandiri di kediaman masing-masing, fasilitas yang telah disiapkan akan tetap dirawat dan tidak akan dibongkar.

Menurutnya, pihak desa harus selalu siap dalam mengantisipasi apapun yang terjadi terutama di masa pandemi Covid-19.

“Supaya gak repot dan keteteran, jadi kita tetap siapkan, ruangan selalu dibersihkan dan kalau ada penyemprotan disinfektan ke warga, ruang isolasi desa juga disemprot supaya berih dan steril,” pungkas Aa.

Dalam pemaparannya, Aa menuturkan, ia berharap warga selalu menaati protokol kesehatan dan jika memang terpapar kemudian ingin lakukan isolasi mandiri di tempat yang disiapkan desa, katanya tidak masalah.

“Sangat dipersilahkan, kita berikan pelayanan dan perhatian penuh sampai sembuh, sampai masa isolasi selesai,” ucap Aa.

“Sembako kita kirim, vitamin kita kasih dan cek kesehatan juga kita perhatikan. Edukasi terus supaya tidak hanya diam di ruangan tapi gerakin badan, olah raga dan berjemur pagi-pagi,” tutupnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan