Riders, Begini Postur Tubuh yang Oke Saat Berkendara, Dijamin Nyaman

BANDUNG – Teknik dasar dalam berkendara wajib dikuasai pengendara saat di jalan raya. Salah satu hal yang perlu dipahami adalah sistem kemudi antara pengendara dengan sepeda motor. Pentingnya mengatur postur atau posisi berkendara akan mempengaruhi kenyamanan pengendara saat di jalan raya baik untuk diri sendiri maupun pengendara lain.

Hal ini berfungsi untuk mengendalikan atau mengontrol arah sepeda motor sehingga arah jalan sepeda motor sesuai dengan kehendak pengemudi agar tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

“Kita harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh kita ketika berkendara cukup baik dan ideal sehingga akan terasa nyaman dan maksimal,” buka Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Posisi tubuh saat berkendara berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kenyamanan saat mengendarai motor, di antaranya:

  1. Jari Tangan

Posisi jari tangan tetap mengepal pada stang kemudi, tidak disarankan posisi jari tangan standby pada rem depan saat berkendara.

“Jika dua jari tangan standby di rem depan, akan menimbulkan potensi bahaya karena putaran gas tidak tertutup dengan maksimal sehingga mengakibatkan titik pengereman menjadi lebih jauh,” ujar Ludhy.

 

  1. Posisi Tombol atau Saklar Instrument Stang kemudi

Untuk keselamatan bersama, kondisi atau posisi tombol atau saklar instrument pada stang kemudi perlu sekali-sekali diperhatikan. Contohnya pastikan tombol lampu depan jarak dekat yang berfungsi dan matikan kembali lampu sein bila sudah berbelok.

 

  1. Posisi Tangan

Posisi tangan disarankan untuk tidak lurus, namun tangan bagian sikut sedikit menekuk. Hal ini berfungsi untuk membantu menstabilkan tubuh kita pada saat melewati jalan bergelombang atau berlubang agar pengendara dapat mengontrol stang kemudi dengan nyaman.

 

  1. Pandangan Mata

Pada saat berkendara disarankan pandangan mata melihat ke sekeliling agar pengendara dapat mengetahui kondisi di sekeliling jalan raya yang dilalui. Selain itu, posisi mata saat berbelok atau menikung harus melihat ke akhir tikungan untuk dapat melihat apabila adanya potensi berbahaya.

Lebih lanjut Ludhy menjelaskan, tidak hanya itu, cara mengontrol stang kemudi yang baik adalah memegang stang kemudi dengan kuat. Agar saat adanya guncangan di jalan yang bergelombang, pengendara dapat mengontrol dengan baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan