oleh

Pemkot Bandung Pastikan Penanganan Jenazah Covid-19 Sesuai Pedoman Kemenkes

BANDUNG — Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan setiap penanganan Covid-19 di Kota Bandung sesuai dengan pedoman Kementerian Kesehatan. Tanpa terkecuali, dalam rangka penanganan jenazah Covid-19.

Hal ini bahkan dipastikan langsung oleh Yana saat menyambangi sejumlah rumah sakit. Kunjungan ini sekaligus untuk berkoordinasi guna mengupayakan penambahan kapasitas tempat tidur di rumah sakit.

“Ada mekanisme atau proses regulasi dari Kementerian Kesehatan bahwa pasien yang datang ke rumah sakit menunjukan gejala Covid-19 ternyata setelah di PCR dan sebelum hasilnya keluar itu sudah lebih dulu meninggal dunia, maka berdasarkan ketentuan Kemenkes harus lakukan pemulasaraan Covid-19. Meski pun hasilnya nanti negatif,” beber Yana di Rumah Sakit Advent, Kamis, (17/6).

Baca Juga:  Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung Terlantarkan Jenazah Covid-19

Yana mengaku, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung cukup beruntung masih memiliki lahan cukup luas di TPU Cikadut. Sehingga jenazah yang terindikasi Covid-19 secara khusus dimakamkan di sana. Bahkan penunjukan TPU Cikadut diperkuat oleh keputusan Wali Kota.

“Sudah ada SOP-nya. Selama terindikasi pemeriksaan awal Covid-19, kalau ada apa-apa termasuk meninggal maka harus dilakukan pemulasaraan jenazahnya sesuai prosedur Covid-19. Dan itu harus di Cikadut,” ujarnya.

Baca Juga:  Tok! Pemkot Bandung Setuju, Pengelolaan Sampah Dialihkan ke Legok Nangka

Meski begitu, Yana memastikan, Pemkot Bandung tidak membatasi apabila ada keluarga yang ingin memindahkan jenazahnya. Terutama, jika dikemudian hari diketahui dari hasil pemeriksaan menyatakan negatif Covid-19.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga