oleh

BPJS Kesehatan Bandung Ajak FKTP Gencarkan Skrining Riwayat Kesehatan kepada Peserta JKN-KIS

BANDUNG – Sebagai langkah untuk mengoptimalkan upaya promotif dan preventif, BPJS Kesehatan mengajak Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk gencar melaksanakan skrining riwayat kesehatan terhadap peserta JKN-KIS.

Skrining riwayat kesehatan merupakan proses pengumpulan informasi riwayat kesehatan untuk mendeteksi risiko penyakit peserta.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Sundus Farida mengatakan bahwa pelaksanaan skrining tersebut bertujuan untuk mendeteksi dini faktor resiko penyakit (Diabetes Mellitus, Hipertensi, Ginjal Kronik, dan Jantung Koroner) dan deteksi dini Ca Cervix. Hal ini pun sejalan dengan salah satu program pemerintah yaitu Gerakan Hidup Sehat (GERMAS) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui upaya promotif dan preventif.

Baca Juga:  Irma: Bukti JKN-KIS Bermanfaat Itu Sangat Nyata

“Skrining riwayat kesehatan merupakan salah satu dari manfaat pelayanan promotif dan preventif. Dari hasil skrining, jika risikonya rendah maka peserta disarankan untuk merubah perilaku hidup sehat dan/ atau melakukan konsultasi kesehatan dengan FKTP. Akan tetapi jika terdapat peserta beresiko tinggi, maka disarankan mengunjungi FKTP untuk dilakukan skrining kesehatan lanjutan oleh FKTP,” jelas Sundus pada Selasa (15/06).

Lebih lanjut, Sundus menyebutkan bahwa skrining riwayat kesehatan tersebut dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN, website resmi BPJS Kesehatan, dan layanan Chika (Chat Assistant JKN) melalui Telegram atau WhatsApp di nomor 08118750400.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga