oleh

Tidak Ada Kuota Haji untuk Indonesia, DPR: Akhiri Isu Gagal Diplomasi

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi memutuskan tidak memberikan kuota haji kepada semua negara. Pemerintah Arab Saudi hanya memberikan kuota 60 ribu jamaah haji bagi warganya dan ekspatriat.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, dengan adanya keputusan dari Arab Saudi tersebut bisa mengakhiri isu yang menyebutkan pemerintah Indonesia gagal dalam berdiplomasi untuk mendapatkan jatah kuota haji. “Kalau kita lihat kan tidak ada satupun negara yang diberikan kuota haji, sehingga saya harap spekulasi apapun yang berkembang di masyarakat tentang masalah haji ini agar diakhiri,” ujar Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/6).

Baca Juga:  Kemenag Temui Dubes Arab Saudi untuk Bahas Umrah Bagi Jemaah Indonesia

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini juga menghormati keputusan Kerajaan Arab Saudi yang tidak memberikan kuota kepada semua negara dalam pelaksanaan ibadah haji 2021 ini.

“Saya pikir keputusan Pemerintah Arab Saudi itu adalah hak pemerintah Arab Saudi dan mungkin itu sudah diperhitungkan dengan matang di masa pandemi ini,” katanya.

Dasco mengatakan pemerintah Arab Saudi sudah tepat tidak memberikan kuota haji kepada kepada negara-negara lain. Sebab, sangat berisiko terjadinya penularan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga:  Bantuan Tambahan, AS Gelontorkan Dana Rp430 Miliar ke Indonesia

“Demi keselamatan baik penduduk Arab Saudi maupun calon jemaah, dengan situasi pandemi ini yang menjadi pertimbangan pemerintah Arab Saudi untuk kemduain tidak memberikan kuota haji kepada negara negara di luar Saudi,” ungkapnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga