Jelang PTM, Pemkot Cimahi Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan dalam rangka Sosialisasi Protokol Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah Kota Cimahi 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Wali Kota Cimahi, Kadisdik, dan para tenaga pendidik lainnya. Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Cimahi Technopark, Senin (14/5).

“Pada hari ini kita melaksanakan pembukaan yaitu rapat koordinasi sosialisasi tentang kesehatan dan protokol kesehatan dalam rangka pembelajaran tatap muka. Karena mekanisme harus kita jalankan dengan menggunakan aturan protokol kesehatan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Senin (14/6).

Ngatiyana membeberkan, salah satu dari kegiatan pembelajaran tatap muka harus melalui mekanisme tertentu, dengan membagi para siswa untuk masuk ruang kelasnya. Untuk siswa SD dibatasi dalam jumlah 15 orang , sedangkan untuk siswa SMP jumlah 18 orang.

“Bagaimana kegiatan mereka harus tahu sebelum masuk harus mencuci tangan yang telah disediakan, menggunakan masker, sehingga pada saat anak-anak kembali pun harus melalui jalur yang sudah ditetapkan, sehingga tidak menimbulkan kerumunan,” terangnya.

Sedangkan untuk para tenaga pendidik sebelum mengajar harus disterilisasi terlebih dahulu. Jangan sampai ada tenaga pendidik yang terpapar Covid-19 dan dianjurkan untuk melakukan swab test.

Ngatiyana mengimbau, setiap sekolah harus menyiapkan tenaga medis yang bisa menjaga pada siswa dan guru. Ia juga mengingatkan agar sekolah menyediakan ruang khusus untuk menampung sebagai ruang pemeriksaan dalam sekolah tersebut.

“Sebelum masuk ruangan, harus dalam keadaan steril agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan. Kemudian dilakukan bagaimana cara menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.

“Jangan sampai menjadi cluster baru di pendidikan. Saya harapkan pada masyarakat tolong disiplin pribadi, jangan merasa Covid itu tidak ada. Covid benar-benar ada,” tandasnya. (Mg5)

Tinggalkan Balasan