Jakarta dan Sumedang Kolaborasi untuk Pengamanan Pangan Ibukota

Jika kebutuhan masyarakat di Jakarta pasokannya aman, kata Anies, maka akan berimbas pada kestabilan harga pasar sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat di Jakarta.

“Itulah tujuan utamanya. Mengapa Pemprov DKI Jakarta menjangkau ke berbagai wilayah, yaitu untuk memastikan agar pasokan di Jakarta aman,” kata Anies.

Dikatakan Anies, selain untuk memastikan pasokan aman, kerjasama tersebut juga merupakan sebuah program untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Menurutnya, jasa besar para petani dalam menyuplai kebutuhan pangan dibalas dengan harga gabah yang lebih tinggi sebagai bentuk apresiasi.

“Kita semua yang tinggal di perkotaan memiliki hutang budi kepada para petani. Lewat program ini, kita membalas budi para petani dengan memberikan apresiasi menggunakan harga yang lebih tinggi untuk gabah yang mereka hasilkan,” ujarnya.

Ditambahkan Anies, kerja sama tersebut adalah sebuah kolaborasi antar daerah. Oleh karenanya, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda Sumedang dan Pemprov Jabar yang telah membantu memberikan bingkainya sehingga BUMD DKI Jakarta dan BUMD Kabupaten Sumedang bisa kerja bersama.

“Tujuannya adalah keadilan sosial dan peningkatan kesejahteraan bagi rakyat, bukan semata-mata aktivitas bisnis karena keduanya adalah alat yang dimiliki oleh pemerintah. BUMD adalah milik pemerintah, baik di DKI maupun Sumedang. Karena itu badan usahanya sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan