Hari Pertama PPDB, SMA/SMK di Cimahi Mulai Diburu Lulusan SMP

CIMAHI – Sekolah jenjang menengah atas dan sederajat di Kota Cimahi mulai diburu lulusan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di hari pertama pembukaan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2021 mulai Senin (7/6).

Seperti yang teroantau di SMKN 3 Cimahi Jalan Permana Kota Cimahi. Sejumlah siswa didampingi orangtua terlihat tengah mencari informasi pendaftaran sekolah.

Salah satu calon siswa, Rifqi Febriyono (16) mengatakan dirinya mengikuti informasi terkait PPDB 2021 melalui media sosial. Namun untuk kepastiannya, ia tetap mendatangi sekolah langsung.

“Sudah mempersiapkan persyaratan karena banyak infonya lihat di medsos. Setelah dibuka, langsung datang ke sekolah buat daftar di hari pertama,” ujarnya.

Menurut Rifqi, pilihan SMKN 3 Cimahi paling utama karena dekat dengan kediamannya. “Tinggal jalan kaki, jadi mendaftar lewat jalur zonasi. Selain itu, pilih SMK karena harapannya setelah lulus bisa langsung bekerja,” katanya.

Orangtua siswa, Syagir Syarifudin (40) mengatakan baru kali pertama mengikuti proses PPDB secara online.

“Maksud kami datang ke sekolah ingin cari informasi untuk pendaftaran. Belum ada pengalaman mendaftar secara online makanya datang langsung biar dapat info lebih lengkap dan jelas di sekolah yang diminati,” ucapnya.

Wakil Kepala SMKN 3 Cimahi Asep Suwarno mengatakan banyak orangtua calon siswa yang datang langsung ke sekolah untuk mencari informasi soal pendaftaran PPDB tingkat SMA/SMK.

“Sepertinya masyarakat belum memahami betul terkait PPDB meski di sekolah asal pasti sudah diberi sosialisasi. Karena itu, mereka yang datang tetap kita layani dengan wajib menerapkan prokes,” ujarnya.

PPDB 2021 tingkat SMA/SMK Jabar mulai dibuka tanggal 7-11 Juni 2021 untuk tahap pertama dan 25 Juni – 1 Juli 2021 untuk tahap kedua.

“Proses pendaftaran melalui sistem daring. Pendaftaran bisa dari sekolah asal atau secara mandiri, kita juga akan bantu masyarakat apabila mengalami kesulitan pada saat pendaftaran,” ungkap Asep.

Menurut dia, sistem dan jaringan PPDB tahun ini lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun lalu sempat ada kendala teknis pada sistem, untuk sekarang sepertinya lebih lancar,” jelasnya.

Tahun ini, SMK Negeri 3 Cimahi menyiapkan 17 rombongan belajar (rombel) yang dibagi ke dalam lima jurusan. Antara lain jurusan tata boga, perhotelan, tata busana, otomatisasi perkantoran, dan multimedia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan