Pasien Covid-19 Bertambah, Desa Cibogo Terapkan Lockdown di Tempat Tinggal Warga Terpapar

LEMBANG – Jumlah warga Kampung Ciburial RW 03, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang terkonfirmasi positif Covid-19 kembali mengalami penambahan sebanyak 15 orang.

Sebelumnya jumlah warga yang terpapar Covid-19 sebanyak 26 orang. Berdasarkan data Puskesmas Cikole saat ini, total warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 41 orang.

“Berdasarkan data terbaru hari Minggu (6/6/2021) malam, itu yang positif bertambah menjadi 41 orang atau ada penambahan sebanyak 15 orang,” ungkap Kepala Puskesmas Cikole Iyan Hartono saat dihubungi, Senin (7/6).

Saat ini warga yang terpapar positif Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing. Mereka hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan pilek.

“Masih perlu isolasi sampai 14 hari. Sekarang baru empat hari jadi masih agak panjang waktu isolasi mandirinya. Tapi kondisinya tidak ada yang parah, hanya gejala ringan saja,” terangnya.

Pengurus RW sendiri menerapkan lockdown di lingkungan tempat tinggal warga yang terpapar. Hal itu sebagai upaya untuk menekan potensi penyebaran Covid-19.

Pihak puskesmas sendiri masih melakukan tracing kontak erat lainnya. Hasil swab test antigen dari kontak erat akan keluar beberapa hari kemudian.

“Besok akan ada hasil swab test antigen terbaru, karena tracing kontak erat masih terus berjalan sampai saat ini,” jelasnya.

Tak berhenti di situ, kasus Covid-19 juga melonjak usai pegawai ritel furniture IKEA di Padalarang, terpapar Covid-19. Kendati demikian, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Bandung Barat belum menerima laporan teranyar terkait jumlah pegawainya yang terpapar Covid-19.

Pihak IKEA dinilai tak terbuka karena belum memberikan laporan lagi soal data pegawai yang dites Covid-19, data kontak erat, dan pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Eissenhower Sitanggang, mengatakan sejak awal pihaknya hanya menerima data sembilan pegawai IKEA yang positif Covid-19. Sementara informasi lainnya masih simpang siur, termasuk data serta lokasi isolasi mandiri pegawai yang sempat kontak erat.

“IKEA kurang terbuka. Laporan terakhir itu ada 139 yang dites, hasilnya 9 orang positif warga KBB. Jadi kita fokus tracingnya terhadap 9 orang ini saja. Untuk yang lainnya kita belum tahu,” ungkap Eissenhower.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan