Ingin Menyaksikan Fenomena Gerhana Matahari Cincin Api Secara Online? Ini dia Linknya

Fenomena alam Gerhana Matahari Cicin Api akan terjadi pada 10 Juni 2021 nanti, untuk menyaksikannya tidak boleh melihat secara langsung atau menggunakan kacamata hitam.

Untuk wilayah di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin Api belum dapat disaksikan. Sebab, perlintasan Gerhana Cincin Api hanya akan melewati  sebagian wilayah Kanada, Greenland Amerika bagian utata dan wilayah Rusia bagian utara.

Namun, Ketika bulan menghalangi matahari akan bisa  diamati itu pun hanya bisa dilihat di belahan bumi bagian utara, di antaranya bagian timur Amerika Serikat dan Alaska utara, sebagian besar Kanada, dan sebagian Karibia, Eropa, Asia dan Afrika utara.

Baca Juga: Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin Api Akan Terjadi 10 Juni 2021

Seperti dilansir Livescience.com, Gerhana Matahari Cincin Api akan berlangsung sekitar 100 menit, dimulai saat matahari terbit di Ontario, Kanada, dan bergerak ke bagian belahan bumi bagian utara.

Gerhana Matahari Cincin Api akan mencapai puncaknya pada pukul 08:41 waktu setempat di Greenland (06:41 EDT; 11:41 GMT) 10:41 UTC di Greenland utara.

Gerhana Matahari Cincin Api akan berakhir saat matahari terbenam di timur laut Siberia. Sedangkan Fase “cincin api”, ketika bulan menutupi 89 persen matahari, akan berlangsung hingga 3 menit 51 detik di setiap titik di sepanjang jalur ini.

Daerah-daerah yang tidak berada di sepanjang jalur gerhana matahari akan tetap dapat melihat gerhana sebagian, jika cuaca memungkinkan.

Untuk wilayah Amerika Serikat, waktu tebaik mengamati fenomena langka itu, adalah mulai dari matahari terbit sampai terbenam. Namun untuk mengamatinya pastikan memiliki pandangan jelas ke cakrawala

‘’Di New York, gerhana akan terjadi pada 05:32 EDT. Di Inggris dan Irlandia, pengamat langit akan hanya bisa melihat hingga 38 persen matahari terhalang selama gerhana parsial tak lama setelah pukul 11 ​​pagi waktu setempat,’’ kata Royal Astronomical Society .

Untuk dapat menyaksikan totalitas fenomena Gerhana Cincin Api, , kita masih dapat menyaksikannya secara langsung mulai pukul 05:30 EDT (9:30 UTC) pada 10 Juni 2021 nanti di Proyek Teleskop Virtual. Klik di sini linknya.

Jika Anda melewatkan gerhana matahari ini, Anda masih memiliki satu kesempatan lagi tahun ini. Gerhana matahari kedua dan terakhir pada 2021 yang akan berlangsung pada 4 Desember.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan