Vaksinasi Lansia, Dinkes Depok Sebut Dosis Kedua Sudah Capai 22.588 Orang

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus mengejar target vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Depok.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati menyebut jumlah sasaran kelompok lansia Kota Depok yang harus divaksin sebanyak 142.746 lansia.

Dikatakan, per 27 Mei 2021, vaksinasi lansia baru menyasar sekitar 18,02 persen untuk dosis pertama, sementara untuk dosis kedua sebanyak 15,52 persen.

“Untuk data vaksinasi lansia per 27 Mei 2021 berjumlah 25.725 lansia atau sekitar 18,02 persen yang telah melakukan vaksin dosis pertama,” kata Umi Zakiati, Rabu (2/6).

Sementara, lanjut dia, untuk yang mendapatkan dosis kedua sudah sebanyak 22.588 lansia atau setara 15,52 persen.

Umi juga mengatakan, dalam pengejaran target tersebut, terdapat beberapa lansia yang terpaksa dilakukan penundaan untuk dosis pertama.

“Untuk dosis pertama ada 154 lansia yang dilakukan penundaan. Dan satu orang untuk yang dosis kedua, ujarnya.

Ia menjelaskan, langkah penundaan diambil lantaran yang bersangkuta mengalami gangguan kesehatan, sehingga tidak memungkinkan divaksin.

“Peserta akan kembali divaksin jika kondisi kesehatannya mulai membaik atau siap untuk mendapatkan vaksin,” paparnya.

Umi mengatakan, pihaknya saat ini terus gencar memberikan vaksin kepada lansia yang sampai sekarang belum terjangkau.

“Kami akan terus memaksimalkan vaksinasi untuk lansia dengan cara jemput bola ke beberapa wilayah dengan capaian rendah,” ucapnya.

“Di samping itu, kami juga memberikan informasi secara optimal ke seluruh masyarakat, khususnya bagi lansia,” pungkasnya. (mg12)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan