PPDB 2021 Masih Dilaksanakan Secara Online, Begini Kata Disdik Kota Bandung

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mulai sosialisasikan Penerimanan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 yang dilaksanakan secara online.

“Jadi alurnya sama seperti tahun lalu di mana calon peserta didik atau orang tua peserta didik mendaftarkan siswa bukan sekolah tujuan tapi ke sekolah asal,” ujar Cucu Saputra, Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Kota Bandung di Auditorium Balai Kota, Kamis (20/5).

“Dengan demikian maka ketika berbicara sekolah asal, bukan berarti masyarakat berbondong-bondong harus datang ke sekolah asal, tetapi akan difasiitasi oleh para wali kelas di masing-masing sekolah,” sambung Cucu.

Tahapan PPDB sendiri dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu tahap pendataan yang dimulai dari 24 Mei hingga 11 Juni 2021.

Tahap kedua yaitu tahap pendaftaran sampai kelulusan. Pendaftaran calon peserta didik dimulai 14 – 18 Juni 2021, pengumuman kelulusan pada 24 Juni dan daftar ulang pada 25 – 26 Juni 2021.

Pihaknya optimis bahwa wali kelas tidak akan kesulitan membantu para orang tua calon peserta didik untuk membantu melakukan pendataan dan pendaftaran PPDB yang dilaksanakan secara online.

Cucu mengatakan karena selama ini dari bulan April 2020, wali kelas sudah terbiasa membangun komunikasi pada saat PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

“Berarti (orang tua peserta didik) sudah tahu informasi segala macam, kumpulin ini, kumpulin itu dan data-data yang diserahkan ke wali kelas itu semuanya digital. Tinggal foto KTP-nya, KK-nya,” tuturnya.

Wali kelas hanya membantu mengumpulkan data saja, nanti yang akan mengupload data adalah operator yang ada di setiap sekolah masing-masing.

“Di dalam sistem itu orang tua diberi kesempatan untuk konfirmasi, nanti dikasih username. Takutnya ada salah tanggal lahirnya, maka orang tua bisa periksa lagi dan wali kelas tugasnya membantu orang tua peserta didik,” jelasnya. (MG8)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan