oleh

Mengerikan! Infeksi Jamur Hitam Mematikan Kini Menyerang Pasien Covid-19 di India

INDIA – Setelah gelombang stunami kedua dengan virus covid-19 varian baru melanda India, pemerintah setempat kini disibukan dengan muculnya jamur misterius yang banyak menyerang pasien-pasien Covid-19.

Penyakit jamur langka itu, menambah tekanan pada sejumlah rumah sakit yang sedang berjuang dengan jumlah infeksi harian tertinggi di dunia.

Jamur misterius itu berwarna hitam atau disebut Mucormycosis, biasanya menginfeksi orang yang sistem kekebalannya telah terganggu.

Pasien Covid-19 yang terpapar Jamur itu menyebabkan hidung menghitam atau berubah warna, penglihatan kabur, nyeri dada, kesulitan bernapas dan batuk darah.

Baca Juga:  Gencar Vaksinasi, Kasus Covid-19 di Kota Cimahi Melandai

Para ahli kesehatan di India meyakini bahwa, penggunaan steroid untuk mengobati COVID-19 dengan kondisi parah dapat menyebabkan ruam kasus. Sebab, obat tersebut memiliki efek samping dapat mengurangi kekebalan dan menaikkan kadar gula.

Menteri Kesehatan Lav Agarwal mengatakan,bahwa mukormikosis telah muncul sebagai tantangan baru bagi pasien COVID-19 yang menjalani terapi steroid dan mereka yang sudah menderita diabetes sebelumnya.

“Infeksi jamur ini menyebabkan morbiditas dan mortalitas berkepanjangan di antara pasien COVID-19,” katanya dalam rilisnya yang dikutip kantor berita Reuters, pada Kamis (20/5).

Baca Juga:  Kasus aktif Pasien COVID-19 di Kota Tasikmalaya Turun jadi 102 Orang

Menurutnya, Mahamartha adalah negara bagian di India yang paling parah terkena infeksi virus korona dengan infeksi jamur hitam itu. Pemerintah setempat telah melaporkan ada 1.500 kasus di Mahamartha.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga