oleh

Data KPU Jadi Acuan Daftar Pemilih Pilkades di KBB

NGAMPRAH – Pemilih yang bakal memberikan suaranya pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berasal dari data pemilih milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB.

Kepala Divisi Teknis KPU KBB, Rifki A Sulaeman mengatakan, Pilkades Serentak di KBB yang digelar di 41 desa akan menggunakan data yang ada di KPU dan dipakai pada Pemilu tahun lalu. Data itu menjadi rujukan mendasar bagi pemegang hak pilih dan hak dipilih.

Baca Juga:  Pemda Kurang Tegas, Perusahaan Non Esensial di KBB Masih Beroperasi

“Data pemilih yang ada di KPU selalu kami update setiap bulannya. Makanya kami berikan untuk dijadikan pijakan Pilkades serentak karena data ini merupakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 lalu,” terangnya, Rabu (19/5).

Penggunaan DPT Pemilu 2019 yang bisa dipergunakan Pemda KBB untuk data pemilih pada penyelenggaraan Pilkades serentak itu, sesuai dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 388 tahun 2021.

Baca Juga:  Bandung Raya Masuki Musim Kemarau, Ini Penjelasan BMKG

“Adapun jumlah DPT Pemilu 2019 di KBB adalah sebanyak 1.190.084 yang tersebar pada 165 desa dan memilih pada 5.088 TPS,” jelasnya.

KPU KBB mencatat data pemilih pada April 2021 lalu sebanyak 1.207.498 yang terdiri dari 607.959 laki-laki dan 599.539 perempuan. Data pemilih tersebut diperbaharui setiap bulannya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga