oleh

Andai Maju di Pilpres 2024 Peluang Ridwan Kamil Terbuka Lebar, Tapi…

BANDUNG – Isu mengenai majunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai bakal calon presiden Republik Indonesia terus mencuat.

Bahkan meski masa jabatannya sebagai gubernur baru habis di tahun 2023, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut seolah sudah menjadi rebutan Jawa Barat dan Nasional.

Melalui sebuah survei oleh Indonesian Politics Research dan Consulting (IPRC), Ridwan Kamil sama-sama menempati posisi atas, baik sebagai pilihan calon presiden maupun gubernur di Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan dalam rilis survei IPRC di acara “Demokrasi dan Kontestasi Politik 2024: Persepsi Publik di 9 Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Barat” yang digelar di Anatomi Coffee & Space, Kota Bandung, Sabtu (8/5).

“Pilgub saya kira memang tergantung Pak RK (Ridwan Kamil). Kalau Pak RK tidak memilih lagi untuk Pilgub maka potensi calon lain besar,” ujar Prof. Muradi, Ph.D. sebagai Guru Besar Politik dan Keamanan Unpad.

Elektabilitas Ridwan Kamil Cukup Tinggi

Dalam survei wawancara IPRC di sembilan Kota/ Kabupaten di Jawa Barat, Ridwan Kamil menempati peringkat teratas sebagai pilihan gubernur berikutnya dengan persentase sebanyak  26.0 persen.

Sementara survei wawancara untuk pemilihan presiden berikutnya, Ridwan Kamil berada di urutan ketiga di bawah Prabowo Subianto dan Jokowi, dengan catatan belum menyesuaikan dengan wacana presiden tiga periode.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga