Nakes KBB Disiagakan di Posko Penyekatan

PADALARANG – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menyiagakan tenaga kesehatan (Nakes) di dua lokasi posko penyekatan mudik 2021, yakni di Gerbang Tol Padalarang dan Cikole, Lembang.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 dari pendatang yang hendak melakukan perjalanan mudik selama pelarangan mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinkes KBB, Wishnu Pramulo Ady, mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak 118 nakes yang berasal dari 32 Puskesmas yang ada di wilayahnya.

“Untuk tenaga medis itu 118 orang dan tenaga kesehatan lainnya sebanyak 107 orang. Selain itu kita siapkan 40 unit mobil ambulans,” katanya saat ditemui di Pos OPS Ketupat Lodaya 2021 Padalarang, Kamis (6/5).

Ia menambahkan, petugas kesehatan tersebut bertugas selama 24 jam, dibagi dalam dua shift. Untuk satu shift, satu orang dokter, satu perawat dan satu orang supir ambulans akan bersiaga .

“Dalam satu hari itu kita jaga siang dan malam selama 24 jam standby selama posko berjalan. Mereka bertugas memeriksa masyarakat yang kedapatan hendak mudik,” jelasnya.

Pihaknya menyebut petugas yang berjaga di posko tersebut bertugas memastikan kondisi kesehatan masyarakat yang kedapatan hendak mudik dalam kondisi baik.

“Kita periksa suhu tubuh dan melakukan rapid test secara acak. Jika kedapatan ada yang terindikasi gejala langsung kita rujuk ke rumah sakit,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan