Ikuti Pelatihan Pertanian, 12 Siswa di KBB Positif Covid-19

BANDUNG BARAT – Kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) nampaknya kembali mengalami penambahan cukup signifikan. Hal itu terjadi setelah ada puluhan orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan data Puskesmas Jayagiri, ada sebanyak 51 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka merupakan siswa SMK asal Indramayu yang sedang menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di tempat wisata La Fresa Lembang. Sementara sebagian laginya merupakan karyawan La Fresa.

Awal terpaparnya siswa dan karyawan di tempat tersebut setelah seorang siswa mengeluhkan demam selama tujuh hari disertai demam dan flu like syndrome dan anosmia.

“Tanggal 16 April itu seorang siswa berobat ke Puskesmas Jayagiri. Lalu dilakukan pemeriksaan swab PCR. Tanggal 21 April  keluar hasil positif,” ujar Kepala Puskesmas Jayagiri, Lembang, Yaniar Ratnadewi saat dihubungi, Kamis (29/4).

Pihaknya kemudian melakukan tracing untuk mengetahui penyebaran kasusnya, ternyata ada sebanyak 18 orang siswa PKL yang ngontrak di rumah penduduk. Pihaknya lalu melakukan swab tes lagi pada 13 orang siswa yang masih ada di lokasi tersebut.

“23 April kita swab tes pada 13 orang siswa yang masih ada di tempat kos. Karena 5 orang siswa lainnya ternyata sudah dijemput orang tuanya dari Indramayu. Padahal mereka juga menunjukkan gejala terindikasi Covid-19,” katanya.

Hasilnya dari 13 orang siswa yang di swab tes ada 12 siswa yang positif dan 1 orang negatif. Tanpa sepengetahuan puskesmas dan La Fresa, mereka pulang ke Indramayu mengunakan mobil travel.

Lalu pada 26 April dilakukan lagi pemeriksaan swab PCR kepada pegawai La Fresa dan 30 orang siswa PKL dengan jumlah seluruhnya sebanyak 146 orang.

“Tanggal 29 April keluar hasil 33 staf La Fresa dan 5 orang siswa PKL positif Covid-19. Karena mess La Fresa tidak cukup untuk isolasi mandiri, akhirnya 5 siswa dan 3 orang staf dievakuasi ke Secapa AD,” pungkasnya. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan