Bantu Pemkot Urai Lonjakan Covid-19, DKR Tingkatkan Sosialisasi PHBS

DEPOK – Semenjak satu pekan terakhir, kasus Covid-19 di Kota Depok kembali alami kenaikan. Hal itu terungkap setelah Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Depok mendeteksi lonjakan penularan Covid-19 pada kluster pesantren.

Sebanyak 4 pesantren terkonfirmasi penularan COVID-19 akibat kurangnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Merespon hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus melakukan sosialisasi kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 5M. Yaitu memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengurangi aktivitas di luar jika tidak penting.

Dalam rangka memasifkan gerakan sosialisasi protokol kesehatan, Pemkot Depok dibantu sejumlah komunitas relawan kesehatan yang terus memberikan penyadaran dan pemahaman terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Dari komunitas yang terlibat, organisasi relawan kesehatan dari Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok bisa dibilang yang paling intens dalam sosialisasi.

Ketua DKR Kota Depok, Roy Pangharapan kepada Jabarekspres.com mengatakan, gerakan sosialisasi kesehatan yang dilakukan oleh rekan-rekannya selama masa pandemi Covid-19 murni panggilan kemanusiaan.

“Kami melakukan itu semata-mata karena terpanggil. Terus terang kami sama sekali tidak menerima apapun dari masyarakat ataupun instansi pemerintah. Ini semua murni inisiatif dan kepedulian kami terhadap masyarakat,” kata Roy Pangharapan kepada wartawan, Jumat (30/4).

Dikatakan, setiap minggu timnya terus bergerak untuk memberikan pemahaman terkait penerapan pola hidup sehat. Itu dilakukan demi meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat.

 

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Adapun, kata dia, bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh relawan DKR yang jumlahnya mencapai 600 anggota itu salah satunya meminta warga untuk menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Jadi kegiatan sosialisasi yang kami lakukan antara lain mengajak masyarakat untuk terus menerapkan PHBS,” ujar Roy.

Ia menjelaskan, sosialisasi PHBS bukanlah satu-satunya kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman relawan.

“Jadi DKR sendiri memiliki 3 program kegiatan reguler. Pertama, sosialisasi PHBS. Yang kedua advokasi kesehatan dan pendidikan; ketiga bakti sosial. Namun karena sekarang masih musim Covid jadi kegiatan kita masih difokuskan ke Sosialisasi PHBS,” jelas Roy.

Tinggalkan Balasan