Mahasiswa S1, Pertukaran Pelajar dan Magang Dapat Terima LPDP

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengumumkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibuka untuk program studi S1, pertukaran pelajar sampai dengan kegiatan magang bersertifikat di industri.

Ia menuturkan bahwa terdapat beberapa perubahan yang diterapkan pada LPDP, seperti pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka, mereka yang beraktivitas di luar kampus akan setara dengan 20 satuan kredit semester (SKS).

“Mengajar di daerah 3T, magang di perusahaan, exchange student, di mana menerima 20 SKS untuk pengalaman di luar kampus, ini bisa didanai oleh LPDP. Jadi LPDP dan merdeka belajar singkron,” jelasnya dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Jumat (23/4).

Ia menjelaskan bahwa setidaknya terdapat empat kegiatan Kampus Merdeka yang bisa dibiayai LPDP. Antara lain Kampus Mengajar, pelatihan bersertifikat di organisasi atau perguruan tinggi, pertukaran pelajar ke luar negeri dan dalam negeri.

Beasiswa LPDP ini juga bisa dimanfaatkan peserta untuk menempuh gelar S1 di dalam dan luar negeri. Akan tetapi, kesempatan ini hanya diperuntukkan bagi siswa SMA yang berprestasi. “Misalnya dia pemenang olimpiade akademik, seni, juara olahraga. Mereka bisa dapat S1,” ujarnya.

Adapun, beasiswa penuh juga diberikan kepada peserta yang ingin menempuh pendidikan pada program S1 Kepercayaan Kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai penunjang beasiswa kebudayaan. Sementara, program S2 dan S3 khusus untuk pelaku budaya di dalam dan luar negeri.

Untuk diketahui, sebelumnya beasiswa LPDP hanya diberikan untuk program studi S2 dan S3 di luar dan dalam negeri. Program beasiswa LPDP ini dibagi menjadi beasiswa afirmasi untuk mahasiswa difabel atau tinggal di daerah 3T, beasiswa targeted untuk aparatur sipil negara (ASN) dan praktisi di bidang tertentu serta beasiswa umum.

Untuk pendaftaran LPDP ini akan dibuka mulai 2 Mei 2021. Informasi lengkap terkait pendaftaran LPDP dapat diakses melalui http://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id atau http://beasiswa.kemdikbud.go.id.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan