oleh

Mahasiswa S1, Pertukaran Pelajar dan Magang Dapat Terima LPDP

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengumumkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibuka untuk program studi S1, pertukaran pelajar sampai dengan kegiatan magang bersertifikat di industri.

Ia menuturkan bahwa terdapat beberapa perubahan yang diterapkan pada LPDP, seperti pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka, mereka yang beraktivitas di luar kampus akan setara dengan 20 satuan kredit semester (SKS).

“Mengajar di daerah 3T, magang di perusahaan, exchange student, di mana menerima 20 SKS untuk pengalaman di luar kampus, ini bisa didanai oleh LPDP. Jadi LPDP dan merdeka belajar singkron,” jelasnya dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Jumat (23/4).

Baca Juga:  Desa Kertawangi Terapkan Pengurangan Sampah Sejak dari Rumah

Ia menjelaskan bahwa setidaknya terdapat empat kegiatan Kampus Merdeka yang bisa dibiayai LPDP. Antara lain Kampus Mengajar, pelatihan bersertifikat di organisasi atau perguruan tinggi, pertukaran pelajar ke luar negeri dan dalam negeri.

Beasiswa LPDP ini juga bisa dimanfaatkan peserta untuk menempuh gelar S1 di dalam dan luar negeri. Akan tetapi, kesempatan ini hanya diperuntukkan bagi siswa SMA yang berprestasi. “Misalnya dia pemenang olimpiade akademik, seni, juara olahraga. Mereka bisa dapat S1,” ujarnya.

Baca Juga:  Inilah Persyaratan Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Adapun, beasiswa penuh juga diberikan kepada peserta yang ingin menempuh pendidikan pada program S1 Kepercayaan Kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai penunjang beasiswa kebudayaan. Sementara, program S2 dan S3 khusus untuk pelaku budaya di dalam dan luar negeri.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga