Sambil Fokus Pelantikan, PDPM Kota Depok Menyiapkan Program untuk Penguatan Kaderisasi

DEPOK – Ketua umum terpilih hasil Musyawarah Daerah (MUSYDA) VI Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), Baharudin M Izhar, saat ini tengah fokus mempersiapkan acara pelantikan yang rencananya akan digelar pada akhir bulan ramadhan.

Izhar bersama rekan-rekan calon pengurus baru PDPM Kota Depok untuk periode 2021-2025 saat ini belum resmi untuk memutar roda organisasi lantaran masih dalam fase transisi menggantikan kepengurusan sebelumnya yang diketuai oleh Dani Yanuar.

Meski begitu, sejumlah program kegiatan telah dirumuskan oleh rekan-rekan calon pengurus baru di bawah arahan dan koordinasi ketua umum terpilih.

Adapun dari sekian program kerja tersebut, kata Izhar, salah satu yang bakal jadi fokus dia dan teman-teman pengurus nanti adalah soal penguatan kaderisasi.

“Insya Allah, ke depan program target kita, adalah perkuat kaderisasi di cabang dan ranting,” kata Izhar, Kamis (22/4).

Menurut Izhar, alasan mengapa kaderisasi jadi salah satu agenda prioritas di kepengurusannya tak lain untuk menjaga proses perkaderan di tubuh organisasi itu berjalan dengan baik dan produktif.

“Kita tahu bahwa perkaderan merupakan nafas sebuah organisasi. Apalagi ini (PDPM) adalah organisasi perkaderan yang diberi amanah untuk mencetak kader-kader terbaik untuk menjadi pemimpin umat dan bangsa kelak,” ungkap Izhar.

Izhar melanjutkan, salah satu kelebihan yang dimiliki seorang kader, yang juga membedakannya dari yang nonkader, adalah jiwa militansi dan loyalitasnya.

“Jadi untuk mengukur sejauh mana kualitas seorang kader, lihatlah semangat milintansi dan loyalitasnya terhadap organisasi. Kader-kader terbaik adalah mereka yang gigih memperjuangkan misi organisasi hingga meraih tujuan dan visi organisasi itu,” ujar dia.

Dengan demikian, kata dia, fokus pembinaan kader menjadi kunci keberhasilan organisasi (perkaderan). Tanpa mencetak kader-kader terbaik yang siap berjuang demi kemaslahatan umat dan bangsa, lanjut Izhar, maka eksistensi organisasi menjadi tidak berarti apa-apa.

Namun, selain fokus pada penguatan perkaderan, Izhar juga mengatakan akan memperkuat basis ekonomi dan pemekaran cabang.

“Selain itu, kita juga rencana fokus pada penguatan ekonomi dan pemekaran cabang,” tukas dia.

Izhar berkomitmen akan serius menata organisasi Pemuda Muhammadiyah tersebut selama periode kepemimpinannya nanti. (Mg12/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan