Sampah yang Menumpuk di Beberapa Titik Jalan Menuju Candi Cicalengka Ternyata ‘Sumbangan’ Warga Luar

BANDUNG – Wilayah jalan menuju Candi di Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung dalam pantauan Jabarekspres.com terlihat bahwa di beberapa titik jalan terdapat tumpukan sampah.

Selain merusak pemandangan menuju Candi, apabila hujan sampah-sampah tersebut dapat menimbulkan aroma tidak sedap.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Tenjolaya, Mamad mengakui, bahwa memang terdapat tumpukan sampah di beberapa titik sepanjang jalan menuju Candi.

“Memang dari lama itu, dan pihak desa selalu membersihkan sampah-sampah yang ada di pinggir jalan arah Candi, seminggu sekali kita rutin bersihkan,” ujar Mamad kepada Jabarekspres.com di kantornya pada Rabu (21/4).

Walaupun pihak Desa Tenjolaya sering lakukan pembersihan, namun sampah-sampah tersebut masih saja menumpuk.

Pasalnya, sampah yang menumpuk itu ternyata merupakan ‘sumbangan’ dari warga-warga di luar Desa Tenjolaya yang tidak bertanggungjawab.

“Itu karena banyak yang bukan warga sini (Desa Tenjolaya) yang sengaja lewat jalan tersebut sambil buang sampah,” imbuhnya.

Ia menuturkan, bahwa pihak desa bahkan sangat memperhatikan kebersihan di wilayah Candi.

“Sampai kita pernah nutup itu pake pager biar enggak banyak yang datang buat nongkrong terus buang sampah sembarangan,” ujarnya.

Meskipun demikian, ternyata upaya dalam menjaga lingkungan dari pihak Desa Tenjolaya masih membutuhkan banyak usaha.

Pasalnya, usai diberi pagar penghalang, warga luar Desa Tenjolaya tak habis akal, mereka kata Mamad, memasuki wilayai Candi pada malam hari saat petugas tidak berjaga dengan cara menyelinap melewati pagar.

“Susah, pada bandel warga luar (Desa Tenjolaya). Itu juga sebetulnya sampah waktu hari Senin kemarin udah kita bersihkan, tapi ada lagi, numpuk lagi,” pungkas Mamad.

Dalam pemaparannya, Kades berharap agar para oknum yang membuang sampah sembarangan di wilayah Candi cepat tersadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

“Buat warga di luar Desa Tenjolaya yang sering buang sampah di pinggir jalan menuju Candi, harap menghentikan perilaku buruk tersebut,” tutup Kades. (Mg6)

Tinggalkan Balasan