Antisipasi Persediaan Beras, Bulog Diminta Lakukan Ini

JAKARTA– Telah memasuki musim panen raya padi pada April ini sekaligus mengantisipasi persediaan beras untuk kedepan, Fraksi PDI-Perjuangan melalui anggotanya di Komisi IV yang membidangi masalah pertanian, Effendy Sianipar, meminta agar Bulog segera menyerap beras hasil panen para petani, tidak ada batasan namun sebanyak-banyaknya. Dengan harapan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tetap aman nantinya, sehingga tidak perlu lagi dilakukan impor beras.

Dikatakannya, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Potensi dari hasil panen raya hingga April 2021 ini, diperkirakan mencapai 14,54 juta ton beras atau mengalami kenaikan sebesar 3,08 juta ton (26,84 persen ) dibandingkan dengan produksi beras pada periode yang sama tahun 2020 sebesar 11,46 juta ton.

“Jadi Bulog harus segera menyerap dengan melakukan pembelian beras hasil panen rakyat ini sebanyak-banyaknya. Tujuannya apa? pertama agar cadangan beras dalam negeri atau pemerintah aman, kedua tidak perlu lagi ada kebijakan impor beras. Karena itu merugikan rakyat,” ujar Effendy Sianipar di Jakarta, Jumat (16/4).

Pihaknya mengakui, dalam penyerapan beras hasil panen raya, Bulog diminta tetap menjaga stabilitas harga pembelian dari para petani, sehingga para petani tidak merasa rugi, terlebih mengingat saat ini telah memasuki bulan Ramadhan dimana para petani umumnya sangat membutuhkan pemasukan materi. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan