Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Wilayah Nias Barat

JAKARTA – Kembali terjadi, gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,6  mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatera Barat, Rabu (14/4). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa ini terjadi akibat aktivitas tektonik.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengataan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,14 lintang utara (LU) dan 96,65 bujur timur (BT). Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 km arah barat daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Sementara kedalaman mencapai 10 km.

“Memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Yakni akibat aktivitas tektonik di zona outer-rise,” jelas Bambang Setiyo Prayitno di Jakarta, Rabu (14/4) malam.

Hasil saat ini, analisis menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun. Sampai sekarang belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Meski begitu pihak BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada namun tidak panik dan tidak terpengaruh isu yang tidak pasti. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan