Kemendikbud: 284 Ribu Guru Sudah Selesai Vaksinasi Tahap Kedua

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat, saat ini jumlah guru dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin dosis tahap kedua sebanyak 284 ribu orang. Sementara itu, terdapat sebanyak 746 ribu orang sudah vaksinasi tahap pertama dan sedang menunggu vaksinasi tahap kedua.

“Vaksin yang kita terima secara bergelombang, jadi mungkin tidak bisa serentak, karena berbarengan dengan penyediaan vaksin,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri, Jumat (9/4/2021).

Jumeri menambahkan, Kemendikbud terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, termasuk UPT Kemendikbud. Berdasarkan pengawasan tersebut, Kemendikbud melihat adanya klaster di sekolah kebanyakan disebabkan karena pelangagran protokol kesehatan.

“Penting untuk melakukan uji coba sebelum pembelajaran tatap muka dilakukan. Ketika uji coba ini, membuat simulasi agar sekolah punya praktik baik kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan warganya tetap sehat meskipun PTM. Ini akan terus kita evaluasi,” ujarnya.

Jumeri menegaskan, bagi sekolah yang guru dan tenaga kependidikannya sudah divaksin maka wajib membuka pilihan pembelajaran tatap muka. Sedangkan keputusan akhir siswa ikut tatap muka atau tetap pembelajaran jarak jauh berada pada orang tua/wali mereka. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan