Dewan Apresiasi Program Penggalakan Bank Sampah di Kota Depok

DEPOK – Anggota dewan provinsi Jawa Barat, H.M. Hasbullah Rahmat mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang tengah menggalakkan program Bank Sampah di setiap kecamatan.

“Terkait penggalakan program Bank Sampah di Kota Depok, saya secara pribadi sangat mengapresiasi,” kata Hasbullah kepada wartawan Jabarekspres.com, Kamis (8/4).

Menurutnya langkah tersebut sudah sangat tepat, apalagi saat ini Kota Depok sedang dilanda masalah penampungan sampah di sentra pembuangan akhir sampah (TPA) yang mulai over capacity (melebihi daya tampung).

“Karena kalau tidak digalakkan bank sampah, maka volume sampah di Depok juga akan semakin besar dan daya tampung TPA-nya semakin terbatas,” ujarnya.

Hasbullah juga mengatakan, melalui pembentukan bank sampah, warga bisa lebih terberdayakan. Lebih lanjut, dia menilai dengan adanya bank sampah tersebut warga akan terbiasa untuk bagaimana memanfaatkan sampah-sampah yang ada untuk diolah lebih lanjut.

“Paling tidak kita bisa membudayakan di masyarakat untuk memilah sampah rumah tangga khususnya yang organik maupun nonorganik,” tukasnya.

“Dengan bank sampah ini mereka bisa memilah sampah-sampah yang bisa menghasilkan nilai (value) produktif untuk ditaruh di bank sampah. Dalam artian sambil membuang sampah, sambil menabung,” tambahnya.

Anggota legislatif asal Depok itu mengaku siap mendukung program tersebut. Pasalnya, pihaknya mengakui berlahan tapi pasti akan mengubah perilaku masyarakat memanfaatkan sampah organik maupun nonorganik.

“Sekali lagi saya mendukung program pemerintah Kota Depok, khususnya menggalakkan program bank sampah di setiap lingkungan dengan membudayakan memilah sampah organik dan nonorganik di rumah tangga itu, saya kira itu akan mengubah perilaku,” timpal anggota DPRD dari Fraksi PAN itu.

Tidak hanya itu, ia juga berharap melalui program pengadaan bank sampah ini dapat menginspirasi yang lain, khususnya kecamatan-kecamatan di Kota Depok yang belum memiliki bank sampah.

“Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Kota Depok yang belum memiliki bank sampah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono meresmikan Bank Sampah di Aula Kantor Kecamatan Cimanggis (Rabu, 07/04). Peresmian bank sampah itu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. (Mg12).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan