Gabungan 2.000 Personel Polri dan TNI Dikerahkan untuk Pengamanan Gereja di Kota Bandung

BANDUNG – Gabungan dari Polrestabes Bandung dan Kodim 0618/Berdiri Sendiri (BS) dikerahkan sebanyak 2.000 personel untuk melakukan pengamanan di seluruh Gereja yang ada di Kota Bandung. Penjagaan dilakukan selama perayaan Jumat Agung dan Paskah.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan selain menempatkan personel di setiap Gereja, mereka juga melakukan patroli-patroli di Wilayah Kota Bandung. Jumlah personel di setiap Gereja berbeda-beda.

“Ya jadi tidak menentu, ada juga kan Gereja yang pake daring tapi kita juga tetap monitor, dan ada juga yang melakukan kegiatan, kita juga kirim pasukan. Baik yang berpakaian preman maupun yang pakai sipil,” katanya saat di Gereja Katedral Santo Petrus, Jl. Merdeka No. 14 Babakan Ciamis, Sumur Bandung.

Kombes Pol Ulung pun memantau langsung ke Gereja Katedral Santo Petrus Bandung bersama Dandim 0618/BS Kota Bandung Kolonel Inf Sapta Budhi Purnama yang sedang melaksanakan ibadah misa malam, Jumat (2/4). Keduanya disambut oelh Pastur Leo Van Beurden beserta pengurus Gereja.

“Saya bersama Dandim, mengecek gereja-gereja di Kota Bandung ini dalam rangka pengamanan hari raya Paskah sampai besok ya. Kami sudah insert pasukan dari TNI-Polri untuk menjaga situasi kamtibmas di Kota Bandung ini tetap kondusif,” ujarnya.

Ia pun mengatakan kepada seluruh Umat Kristiani supaya tidak khawatir menjalankan ibadahnya karena TNI dan Polri menjamin keamanan Gereja yang ada di Kota Bandung.

“Ya untuk umat kristiani, selamat menjalankan ibadahnya dan melaksanakan ibadahnya dengan tenang, kami TNI Polri akan tetap mendukung semua kegiatan yang ada dan menjamin semua kegiatan yang ada di kota Bandung,” tutupnya. (Mg10/wan)

Tinggalkan Balasan