oleh

Satlak Penanggulangan Bencana Akan Hadir Hingga Tingkat Kelurahan

BANDUNG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyebut bahwa Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak) akan terbentuk di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk membantu mengamankan situasi jika terjadi suatu tragedi kebencanaan.

Demikian diutarakan Kasie Kerja Sama Kebencanaan Diskar PB Kota Bandung, Imanuel Situmorang pada Jumat(2/4). Menurut Situmorang, pembentukan Satlak ini dimaksudkan untuk menjawab suatu kelembagaan atau institusi untuk membantu penanggulangan bencana.

“Satuan pelaksana dan penanggulangan bencana ini nanti memang strukturnya harus ada di level kewilayahan. Karena tujuannya adalah untuk membantu kami dalam hal penanganan kebencanaan agar bisa mencapai level optimal,” ujarnya.

Dalam penetapan pembuatan Satlak tersebut, diskar PB telah melakukan diskusi bersama pimpinan kewilayahan. Dan, pada bulan april ini segala proses yang melibatkan pembentukan satlak tersebut diharapkan bisa segera terpenuhi.

“Awal bulan Maret yang lalu kita lakukan FGD dengan pihak-pihak terkait dalam pembentukan ini. Di sana ada elemen dari bagian hukum kemudian juga aparat kewilayahan mulai dari kecamatan dan kelurahan,” ungkapnya.

Selanjutnya menurut Situmorang, para anggota Satlak tersebut nantinya merupakan orang-orang yang berasal dari kewilayahan.

“Mungkin dimaksimalkan oleh temen-temen kewilayahan. Tapi yang jelas perwakilan dari untuk aspek penanganan pra bencana untuk tanggap darurat pasca bencananya itu memang harus tersedia dari kita,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga