Satlak Penanggulangan Bencana Akan Hadir Hingga Tingkat Kelurahan

BANDUNG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyebut bahwa Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak) akan terbentuk di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk membantu mengamankan situasi jika terjadi suatu tragedi kebencanaan.

Demikian diutarakan Kasie Kerja Sama Kebencanaan Diskar PB Kota Bandung, Imanuel Situmorang pada Jumat(2/4). Menurut Situmorang, pembentukan Satlak ini dimaksudkan untuk menjawab suatu kelembagaan atau institusi untuk membantu penanggulangan bencana.

“Satuan pelaksana dan penanggulangan bencana ini nanti memang strukturnya harus ada di level kewilayahan. Karena tujuannya adalah untuk membantu kami dalam hal penanganan kebencanaan agar bisa mencapai level optimal,” ujarnya.

Dalam penetapan pembuatan Satlak tersebut, diskar PB telah melakukan diskusi bersama pimpinan kewilayahan. Dan, pada bulan april ini segala proses yang melibatkan pembentukan satlak tersebut diharapkan bisa segera terpenuhi.

“Awal bulan Maret yang lalu kita lakukan FGD dengan pihak-pihak terkait dalam pembentukan ini. Di sana ada elemen dari bagian hukum kemudian juga aparat kewilayahan mulai dari kecamatan dan kelurahan,” ungkapnya.

Selanjutnya menurut Situmorang, para anggota Satlak tersebut nantinya merupakan orang-orang yang berasal dari kewilayahan.

“Mungkin dimaksimalkan oleh temen-temen kewilayahan. Tapi yang jelas perwakilan dari untuk aspek penanganan pra bencana untuk tanggap darurat pasca bencananya itu memang harus tersedia dari kita,” ujarnya.

Meskipun berasal dari anggota kewilayan tetap nantinya para petugas satlak tersebut akan diberi pelatihan dan bimbingan untuk penanganan kebencanaan. Selain itu hal itu nantinya para relawan, komunitas ataupun praktisi yang nanti berkaitan dengan kebencanaan itu memang akan dlibatkan dalam hal ini karena memiliki peranan penting.

“Satlak ini bukan seperti kedinasan. Tetapi ini lebih ke fungsi tugas saja. Ini seperti lembaga ad hoc seperti itu. Tapi nanti fungsinya akan kita rasakan di lapangan,” bebernya.

“Kita optimis dengan apa yang kita akan lakukan ini. Karena dengan berdasarkan pengalaman kami juga berkunjung di kabupaten/kota lain tentang kelembagaan yang mereka miliki tentang badan penanggulangan bencana daerah, kami sudah memotret seperti apa. Dan apa yang mereka lakukan saya kita itu bisa kita implementasikan melalui kelembagaan Satlak penanggulangan bencana di Kota Bandung. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa terbentuk,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan