oleh

BMPD Jabar Berikan Bantuan Peralatan Virtual untuk Saung Angklung Udjo

BANDUNG – Bank Indonesia (BI) Jawa Barat dan Bank Himbara yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat, memberikan bantuan berupa peralatan pertunjukan virtual kepada Saung Angklung Udjo Bandung, Rabu.

Pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian perbankan Jawa Barat melalui BMPD (Badan Musyawarah Perbankan Daerah) Jawa Barat terhadap sektor pariwisata khususnya seni budaya yang ada di Jawa Barat.

Baca Juga: Bank Indonesia Resmikan BI Corner di Pesputakaan Bandung

“Jadi ini bentuk kepedulian Badan Musyawarah Perbankan Daerah di Jawa Barat terhadap kelompok pekerja seni. Yang kami tahu betul, salah satu kelompok masyarakat yang sangat terdampak selama pandemi COVID-19,” kata Kepala Bank Indonesia Jawa Barat, yang juga Ketua BMPD Jawa Barat Herawanto, seusai penyerahan bantuan.

Adapun bantuannya yang diberikan ialah alat-alat elektronik. Seperti sound system dan kamera untuk mendukung para pekerja seni di Saung Angklung Udjo. Hal ini agar tetap bisa menggelar penampilan virtual secara maksimal di tengah pandemi.

Herawanto mengatakan BMPD Jabar memiliki komitmen untuk membantu dan mendorong sektor pariwisata agar kembali bangkit. Salah satunya dengan memfasilitasi Saung Angklung Udjo.

Ia mengatakan angklung sebagai warisan budaya milik Jawa Barat sudah seharusnya bisa senantiasa dijaga oleh semua pihak. Namun pada masa pandemi ini, para pekerja seni atau pelaku seni menjadi sangat berkurang kegiatan dan pendapatannya. Seperti halnya yang terjadi di Saung Udjo.

Baca Juga: bank bjb Raih Penghargaan Indonesia Corporate PR Award 2020

” Sehingga mesti menjadi komitmen kita bersama untuk mendorong kegiatan mereka,” kata Herawanto.

Semenjak tahun 2020, pihaknya selalu melibatkan para pekerja seni untuk tiap kegiatan karya kreasi Jawa Barat. Mulai dari kesenian angklung, kesenian calung, jaipongan, dan lain sebagainya.

Pemberian bantuan peralatan untuk pertunjukan virtual kepada Saung Angklung Udjo dari BMPD Jawa Barat tersebut berawal dengan Gowes BMPD. Dengan tema “Gowes BMPD Peduli Budaya” dari Kantor Bank Indonesia Jawa Barat ke Saung Angkung Udjo Kota Bandung. (antaranews)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga