Polisi Tilang Motor Berknalpot Bising di Lembang

LEMBANG – Jajaran personel Satlantas Polres Cimahi melakukan razia menyasar kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot bising saat melintas di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hasil dari razia yang dilakukan pada Minggu (28/3) pagi itu, ada sebanyak 60 motor yang terjaring razia. Semua kendaraan tersebut menggunakan knalpot bising. Mereka diduga akan melakukan sunday morning ride (Sunmori).

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan, pelaksanaan razia kendaraan roda dua berknalpot bising itu berdasarkan banyaknya keluhan dan aduan dari masyarakat khususnya di kawasan Lembang yang terganggu kenyamanannya.

“Kita lakukan penertiban motor berknalpot bising. Dasarnya adalah aduan dari masyarakat yang terganggu karena motor berknalpot bising. Total 60 kendaraan kita tilang,” ungkap Sudirianto.

Beberapa pengendara yang kebanyakan masih usia remaja itu nekat menghindari razia. Bahkan ada yang sampai terjatuh tepat di depan petugas kepolisian yang sedang berusaha menghentikan mereka.

Kendaraan yang dihentikan kemudian ditilang karena sparepart yang digunakan yakni knalpotnya bukan bawaan pabrik. Kendaraan tersebut kemudian dibawa ke Mapolres Cimahi.

“Kita bawa semua kendaraan menggunakan truk ke Mapolres Cimahi mereka sudah kita lakukan penilangan. Kendaraan boleh dibawa lagi tapi dengan syarat membawa knalpot standarnya untuk kemudian langsung diganti,” terangnya.

Tak cuma mengganggu karena suara knalpotnya yang bising, Sudirianto menjelaskan jika mereka ditilang juga karena bergerombol dan mengganggu pengendara lainnya.

Tak cuma kali ini saja dirinya menyebut jika pelaksanaan razia kendaraan berknalpot bising di wilayah hukum Polres Cimahi bakal dilakukan secara berkesinambungan untuk menekan potensi gangguan pada masyarakat.

“Razia ini akan kita lakukan secara kontinu karena banyak keluhan dari masyarakat. Kita lakukan pada pagi dan sore hari di titik-titik tertentu terutama di kawasan Lembang,” pungkasnya. *

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan