Seseorang Bisa Terinfeksi Covid-19 Lagi Setelah 35 Hari, Namun Ini Penjelasan Lebih Lanjut

“Kami perlu mengambil sampel darah selama infeksi, tiga bulan setelah infeksi, dan enam bulan setelah itu, dan kami dapat memprediksi apakah Anda kebal terhadap Covid-19 untuk berapa bulan atau tahun,” katanya.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengurutkan pasien menjadi lima kelompok. “Pesan utama dari penelitian ini adalah bahwa ketahanan fungsi antibodi penawar terhadap Sars-CoV-2 dapat sangat bervariasi dan penting untuk memantau hal ini pada tingkat individu,” kata Prof Wang.

Studi tersebut memiliki keterbatasan, termasuk fakta bahwa pasien memiliki usia rata-rata 44 tahun. Orang dewasa yang lebih tua atau anak-anak mungkin memiliki profil kekebalan yang berbeda.

Selain itu, studi juga menemukan bahwa pasien dari semua kelompok, termasuk mereka yang tidak memiliki antibodi penetral yang terdeteksi, memiliki kekebalan sel T enam bulan setelah infeksi. Para ilmuwan mulai melihat pentingnya sel-T dalam perang melawan Covid-19. Direktur Kantor Penelitian dan Pelatihan Penyakit Menular di NCID juga penulis korespondensi dari studi terbaru menjelaskan kehadiran imunitas sel-T memberikan harapan perlindungan jangka panjang, yang akan membutuhkan lebih banyak studi dan waktu untuk konfirmasi epidemiologi dan klinis. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan