Vaksinasi Lansia, Keluarga Harus Berperan

JAKARTA – Ahli vaksin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Profesor Sri Rezeki Hadinegoro menyatakan keluarga berperan penting membantu vaksinasi COVID-19 bagi lansia. Terutama dalam melakukan pendaftaran daring (online). Dia menilai program vaksinasi COVID-19 dengan sasaran lansia di kota-kota besar sudah bagus baik dari sarana maupun akses seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya serta kota-kota besar lainnya. Namun tetap harus didukung peran aktif masyarakat.

“Sampai saat ini masih banyak peserta lansia belum ikut vaksin COVID-19. Karena lebih memilih menunggu dipanggil. Padahal pendaftaran saat ini menuntut peran aktif peserta vaksin. Di sini peran keluarga untuk membantu mendaftarkan karena ada beberapa yang tak bisa terurus maka sebaiknya anggota keluarga yang lebih muda ikut membantu” kata Sri di Jakarta, Minggu (21/3).

Dia mengatakan masyarakat tak perlu khawatir adanya varian-varian baru virus COVID-19 yang sudah ditemukan di Indonesia. Semua virus pasti akan bermutasi.

“Dampak varian baru itu terhadap efek vaksin baru diketahui dalam jangka panjang. Yang jelas adanya varian tersebut jangan sampai menunda dan menghambat vaksinasi,” papar Sri. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan