Sayangi Motormu, Inilah Cara Perawatan Main Stand Pada Sepeda Motor

BANDUNG – Side Stand adalah salah satu komponen yang sangat penting di dalam sebuah sepeda motor yang berfungsi untuk menopang beban kendaraan dengan menggunakan side stand atau lebih dikenal dengan standar samping.

Pada beberapa jenis sepeda motor, bagian side stand sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang diberi nama Side Stand Switch. Fitur ini hadir untuk memberikan keamanan bagi pengendara jika lupa mengembalikan side stand ke posisi yang sebenarnya pada saat sepeda motor dalam keadaan menyala.

Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, “Semua jenis motor matic Honda saat ini sudah dilengkapi fitur Side Stand Switch. Hal ini akan memberikan rasa aman dan meminimalisir adanya potensi kecelakaan saat motor matic dengan mesin hidup tapi hanya ditopang dengan standar samping. Karena pada posisi ini ban belakang masih menapak ke jalan sehingga akan sangat berbahaya jikalau ada yang memainkan handle gas.”

Selain Side Stand, begitu juga dengan Main Stand atau Standar Tengah menjadi salah satu bagian komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menopang keseluruhan beban kendaraan secara seimbang dalam kondisi roda belakang terangkat. “Namun jika ada endapan kotoran dan cipratan air hujan dapat menyebabkan standar tengah bermasalah atau macet tidak bisa digunakan,” ujarnya.

Apabila main stand tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh pemiliknya, diantaranya:

1. Disarankan untuk menggunakan Main Stand setiap hari, hal ini akan menghilangkan adanya potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa Main stand. “Sehingga dalam jangka panjang, main stand tersebut akan selalu berfungsi dengan baik dan meminimalisir mengalami kemacetan akibat adanya karat di antara shaft dengan Main stand,” kata Ade.

Membersihkan dan memberikan cairan khusus dapat membantu perawatan main stand sepeda motor.

2. Lumasi Shaft Main stand secara berkala, hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya karat antara shaft dengan pipa main stand. Pelumasan yang baik dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan