Zoom Gotong Royong

James, pencipta lagu Lilin-lilin Kecil, lantas menceritakan riwayat lahirnya lagu Tanah Airku, ciptaan Ibu Sud. Waktu itu Ibu Sud masuk dalam rombongan kesenian Indonesia di World Fair New York. Ada juga Bagong di rombongan itu.

Mereka disiapkan hanya untuk tiga bulan di New York. Sebelum musim dingin, mereka direncanakan sudah kembali ke tanah air.

Ternyata World Fair New York diperpanjang tiga bulan. Mereka pun sangat rindu tanah air. Lalu Ibu Sud menciptakan lagu Tanah Airku itu.

Bagong sendiri mengabadikan kata Fair ke dalam nama anaknya: Djaduk Fairianto –kemudian berubah menjadi Djaduk Ferianto. Ia adalah pemusik yang belum lama meninggal dunia. Istri Djaduk ikut tampil di Zoom kemarin.

Lia Sundah, istri James, minta saya bicara. Lia adalah pengacara di New York. Dia salah satu moderator Zoom. Saya diminta bicara sebelum Duta Besar Indonesia di Kuba. Saya pun pilih tidak usah bicara. Info-info dari Kuba akan lebih menarik.

“Kuba sudah melahirkan 4 vaksin nasional,” ujar Bu Nana Yuliana, Duta Besar Indonesia di Kuba. Bu Nana pun menyebutkan nama 4 vaksin itu. “Keempatnya segera memasuki uji coba fase 3,” ujar Bu Nana.

Ternyata bukan lagi segera. Fase 3 itu dilakukan tanggal 15 Maret 2021 –berarti dilakukan saat Zoom kami itu berlangsung.

Menurut Bu Nana, untuk menemukan vaksin itu Kuba bekerja sama dengan Rusia, Iran, dan Tiongkok.

Saya tidak menyesal menempatkan Bu Nana lebih penting. Ternyata sangat menarik. Bagaimana negara kecil Kuba yang miskin bisa melahirkan vaksin.

“Padahal untuk mendapat bahan makanan saja sekarang ini rakyat harus antre,” ujar Bu Nana –yang wilayah kedutaannya meliputi beberapa negara di kepulauan Karibia.

Moderator yang tinggal di Belanda, Sisca Holtrop, punya info baru pula: penyintas Covid-19 di Belanda boleh langsung ikut vaksinasi. Tidak harus menunggu tiga bulan.

Dari Belanda Holtrop mewawancarai Timbul Thomas Lubis yang tinggal di Jakarta. Timbul, awalnya gagal vaksinasi. Itu karena tekanan darahnya 190 –luar biasa tinggi.

Sambil menunggu tekanan darah turun, Timbul tertawa ngakak melihat ada orang yang baru saja selesai vaksinasi. Orang itu heboh mencari kaca matanya yang hilang. Padahal kaca mata itu ada di kepalanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan