Pemkot Cimahi Akui Sulit Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menyebutkan, laju inflasi sulit dikendalikan di Kota Cimahi. Sebab, cukup sulit bagi daerah untuk membuat kebijakan seperti mengendalikan harga kebutuhan pokok.

Pemkot Cimahi sendiri sudah memiliki Tim Inflasi Daerah (TIPD) sejak beberapa tahun lalu. Keberadaan TIPD itu diharapkan bisa menekan laju inflasi di daerah.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Achmad Nuryana mengatakan, pengendalian inflasi tergantung juga pada kondisi makro. Sehingga yang bisa dilakukan pihaknya adalah mengantisipasi dampak dari kenaikan harga-harga.

“Kita paling antisipasi langkahnya. Misalnya, dengan operasi pasar. Tapi kita analisis dulu,” kata Achmad, Senin (15/3).

Seperti diketahui, harga sejumlah kebutuhan pokok seperti sayuran mengalami kenaikan yang cukup drastis sejak beberapa waktu lalu. Seperti harga cabai rawit merah yang kini masih bertahan di harga Rp 120 ribu per kilogram.

Kondisi tersebut pun diakui Achmad. Pemicunya adalah faktor cuaca, yang berimbas hasil panen para petani. “Iya memang seperti itu. Harganya naik.iya faktor cuaca juga memperngaruhi,” ungkapnya.

Untuk opsi operasi pasar murah, kata Achmad, pihaknya masih melakukan analisis bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Sebab, ada kriteria yang harus dipenuhi jika operasi pasar dilakukan untuk mengendalikan harga.

“Nanti kita lihat perkembangan. Kita juga pantau harga di pasar melalui secara berkala,” ujarnya.

Achmad mengakui, fungsi TPID di Kota Cimahi sendiri harus lebih ditingkatkan lagi. Apalagi sepanjang tahun lalu hingga saat ini TPID ikut terjun dalam penanganan Covid-19, khususnya untuk kegiatan pemulihan ekonomi.

“Harus lebih ditingkatkan karena kemarin kita lagi fokus ke penanganan Covid dan ke pemulihan ekonomi,” tandasnya. (fer)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan