Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia di Lingkungan Kelurahan Cipageran

 CIPAGERAN – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang berlokasi di Puskesmas Cipageran, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Sejumlah warga Kelurahan Cipageran yang sudah lanjut usia (lansia) mulai menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cipageran sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi.

Saat ini, pelaksanaan vaksinasi untuk para lansia baru di tahap pertama yang sudah terjadwalkan selama enam hari mulai dari Senin (8/3/2021) hingga Sabtu (13/3/2021).

Kepala Puskesmas Cipageran Dr. Irmawati Puspita Dewi mengatakan di Puskesmas Cipageran ada total 250 lansia warga Cipageran yang mendapatkan penyuntikkan vaksinasi covid-19.

“Sasarannya 250 lansia untuk satu minggu ini jadi untuk 250 ini di hak dari jumlah di wilayahnya masing-masing dari daerah rt atau rw nya yang paling banyak beresiko,” kata Dr. Irmawati Puspita Dewi kepada wartawan Jabar Ekspres pada Sabtu (13/3).

Target penyuntikkan vaksinasi untuk lansia ini sebanyak 250 orang lansia berdasarkan wilayahnya masing-masing. Namun, yang paling utama untuk daerah yang memiliki sasaran dalam penularan covid-19 paling banyak yakni di rw 05 dan rw 24.

“Di utamakan untuk dua rw yakni rw 05 di Sangkuriang dan rw 24 di Puri Cipageran Indah 1 itu sasaran paling banyak yang terkena covid-19 jadi untuk lansia juga lebih beresiko,” ujarnya.

“Akhirnya pertimbangan itulah kemarin sasaran difokuskan dulu di dua rw ini untuk lansia,” sambungnya.

Berdasarkan laporan dari Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) bahwa penerima penyuntikkan vaksinasi covid-19 untuk para lansia yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan. Setelah itu data tersebut akan diverifikasi oleh kelurahan dan ketua rw.

Sayangnya, beberapa nama sebagai peserta penyuntikkan vaksinasi tidak datang ke puskesmas. Setelah diverifikasi ternyata ada data yang tercantum pada Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) pada lansia misal status nya tertulis di Disdukcapil ternyata sudah meninggal dunia lalu pihak dari puskemasnya akan mencoret nama yang sudah meninggal kemudian diganti lagi dengan nama yang lain.

“Yang jelas sudah 50 persen para lansia di Kelurahan Cipageran sudah melakukan penyuntikkan vaksinasi tahap pertama,” tutupnya. (Mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan