Canangkan Program Desa Bersinar, BNN Sumedang Targetkan 10 Lokasi Selama 2021

SUMEDANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumedang gelar launching program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) di Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor pada Jumat, (12/3).

Program tersebut diketahui merupakan salah satu upaya dalam menekan peredaran Narkoba di kalangan masyarakat khususnya bagi warga desa.

Kepala BNN Kabupaten Sumedang, AKBP Heri Sudrajat mengatakan bahwa program Desa Bersinar merupakan program nasional, sehingga penerapan nantinya tidak hanya di Kabupaten Sumedang.

“Khusus di Cianjur akan di launcing juga. Kan Sumedang 2021 lanjutan program Desa Bersinar tahun 2020 di tiga lokasi, Cibeusi, Kelurahan Situ dan Desa Tanjungsari,” kata Heri saat di Aula Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor pada Jumat, (12/3).

Kemudian lanjut Heri, program Desa Bersinar pada 2021 ditargetkan dapat berjalan di 10 lokasi desa dan kelurahan.

“Kita sudah koordinasi dengan bupati, khususnya di Dinas PMD insya Allah akan memberikan kewenangan kepada camat luruh dan Kades untuk mengalokasikan anggaran di desanya masing-masing,” ujarnya.

Sementara dalam pelaksanaan Desa Bersinar ucap Heri akan dilakukan sosialisasi pembentukan Satgas (satuan tugas) di tingkat RT, RW dan desa.

Kemudian melalui program Desa Bersinar, BNN akan melakukan rehabilitasi bagi para korban atau pengguna Narkoba deng membentuk IBM (Intervensi Berbasis Masayarakat).

“Kegiatan nasional juga karena BNN tidak hanya menangkap tp merehabilitasi warga” imbuhnya.

Selain kegiatan rehabilitasi dalam program Desa Bersinar, Heri menuturkan bahwa melalui program tersebut tetap dilakukan pemberantasan Narkoba.

“Jelas kegiatan pemberantasan. Sebelum mengungkap lebih baik mensosialisasikan dulu. Melakukan monitoring, pengawasan,” ucapnya.

Sementara supaya program tersebut dapat berjalan dengan baik, ia menjelaskan bahwa semua unsur masyarakat akan diikut sertakan pada program Desa Bersinar.

“Bukan hanya remaja dan pemuda tapi seluruh elemen masyarakat untuk memerangi Narkoba. Dari muamalat NU juga mau,” pungkasnya.

Kepala Desa Cintamulya, Syarip Wahyudi mengatakan pihaknya menyambut baik program Desa Bersinar.

“Mudah-mudahan Cintamulya bersih dari Narkoba. Kami Cintamulya ingin lebih baik lagi,” kata Syarip saat diwawancara di Aula Desa Cintamulya pada Jumat, (12/3).

Dalam launching program Desa Bersinar, terlihat hadir dalam acara tersebut, Kepala Kesbangpol, Asep Tatang Sujana, Kadis PMD Endah Kusyaman dan Camat Jatinangor, Herry Dewantara. (Mg6/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan