Alhamdulillah, Enam Pasien Positif Covid-19 Varian Baru B117 Sudah Pulih

JAKARTA – Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan, enam pasien yang sempat terinfeksi varian baru virus B117 di Indonesia seluruhnya sudah pulih dan dalam kondisi kesehatan yang baik.

Sebelumnya, GSAID atau lembaga nirlaba pengumpul data genome virus influenza dan corona di dunia, melaporkan enam kasus Covid-19 varian B117 di Indonesia.

Dua kasus B117 terjadi dari Karawang, satu kasus di Sumatera Utara, satu kasus dari Sumatera Selatan, satu kasus di Kalimantan Timur, dan satu kasus di Kalimantan Selatan.

“Pun dengan hasil pelacakan terhadap sejumlah orang yang berinteraksi dengan pasien dilaporkan negatif berdasarkan hasil laporan laboratorium kesehatan,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, saat menjadi pembicara pada webinar “Pemantauan Genomik Varian Baru SARS-Cov2 di Indonesia” yang dipantau di Jakarta, Jumat (12/3) siang.

Ia juga menyatakan telah melacak dan memeriksa pasien beserta orang-orang yang berkontak dengan mereka.

“Kasus B117 sekarang semuanya sehat. Mereka tidak perlu pelayanan darurat dan sekarang semua sudah sembuh dan kasus kontak dengan mereka sudah kami ambil sampelnya, semua sudah dicek dan semua negatif. Ternyata semuanya sehat,” katanya.

Nadia mengatakan Indonesia saat ini telah memiliki total 16 laboratorium yang dibagi berdasarkan regional dengan kemampuan menganalisa whole genome sequences atau pengurutan keseluruhan genom dalam mendeteksi dini kemunculan varian baru.

“Tidak semua laboratorium punya kemampuan ini. Sebagian besar whole genome sequences dilakukan di perguruan tinggi,” katanya.

Pengembangan jejaring laboratorium melalui kerja sama peningkatan jumlah sampel whole genome sequences diharapkan dapat meningkatkan jumlah sampel penelitian di Indonesia. “Diharapkan pengembangan jejaring ini untuk bantu laboratorium potensial lainnya pengembangan whole genomes sequences,” katanya.

Ada 16 laboratorium yang kini dibagi berdasarkan regional. Selain Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Libangkes), ada pula Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), UIN Jakarta, Universitas Padjadjaran, dan lainnya.

“Ini sentra whole genomes sequences diambil dari para pelaku perjalanan, dari puskesmas dan dari rumah sakit,” katanya. (antara)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan