Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Pohon Besar di Tengah Kota Bandung Ini Tumbang

BANDUNG – Sebuah pohon besar tumbang di jalan Sukajadi, Kelurahan Pasteur Kota Bandung depan Paris Van Java Mall Rabu (10/3). Padahal, sebelum robohnya pohon tersebut tidak ada angin dan hujan yang menyertai.

Selain menutupi separuh jalan, pohon Ketapang yang tumbang tersebut juga menimpa 6 warung dan 1 halte yang berada di sisi jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat musibah itu.

Menurut kesaksian dari pemilik warung, Firdaus Asmardi, pohon tersebut sudah mulai berubah kondisinya sejak beberapa hari terakhir. Menurutnya, hal itu karena usia dari pohon yang sudah senja.

“Saya tinggal di sini sudah cukup lama. Memang pohon tersebut nampaknya sudah keropos karena usia yang sudah tua itu ya,” ucapnya.

Selama beberapa tahun terakhir, kata dia, Dinas Pertamanan tidak menaruh perhatian terhadap pohon besar tersebut.

Pohon tumbang yang menimpa halte dan warung di Sukajadi. Foto: Boy Darmawan/Jabar Ekspres

“Selama 3 tahun kebelakang ya, saya tidak ada melihat ada orang dari Dinas Pertamanan yang setidaknya mengecek keadaan pohon itu,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pohon yang roboh tersebut menimpa beberapa warung dan membuat sebuah halte yang berada di dekatnya hancur.

“Tadi robohnya itu sekitar jam 11 siang. Beruntung saat pohon mulai tumbang para pengendara yang melintas di sisi kanan langsung banting setir ke kiri,” ucapnya.

Namun malang, seorang perempuan bernama Erna Yulianti luka-luka terkena reruntuhan halte.

“Tapi tadi ada perempuan salah pemiliknya warung yang sempat terkena reruntuhan bangunan. Luka sobek di bagian kaki dan sekarang sudah dibawa ke klinik Husni untuk dilakukan pengobatan,” tambahnya.

Saat ini proses evakuasi pohon tumbang tersebut sedang dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung (DPKP3) dibantu anggota anggota Gober dari Kelurahan Pasteur. (Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan