MyHeritage, Aplikasi Viral yang Dapat Ciptakan Foto Lama Seolah Hidup

JAKARTA – Akhir-akhir ini sebuah aplikasi mobile mendadak viral dikarenakan dengan penggunaannya kita dapat menciptakan foto yang hanya diam seolah-olah bergerak, mengedipkan mata bahkan tersenyum ke arah kamera. Hal ini seolah-olah sangat mengingatkan memori lama atau bernostalgia. Nama aplikasi ini adalah MyHeritage.

Kehebatan akan aplikasi tersebut membuat kebahagian tersendiri bagi sebagian orang karena bisa bernostalgia dengan orang terkasih bahkan dengan anggota keluarga yang sudah tiada sekalipun.

Berdasarkan kutipan langsung dari situs Newsweek, pembuat aplikasi MyHeritage menyebut bahwa teknologi yang digunakan adalah DeepNostalgia, tetapi sejatinya kecerdasan buatan atau AI adalah teknologi utama di balik kemampuan tersebut. Teknologi AI sama halnya dengan deepfake atau teknologi merekayasa sebuah video namun beberapa kontroversial adalah karena mampu memalsukan sebuah konten media foto menjadi bentuk video yang seperti hidup.

Contoh lain penggunaan teknologi AI deepfake yang kontroversial adalah memasang foto atau wajah aktris ternama pada sebuah video porno. Jadi video prono tersebut terkesan diperankan oleh sang aktris padahal itu direkayasa menggunakan AI deepfake.

Kabar gembiranya bagi anda yang tertarik untuk mencoba menggunakannya, aplikasi MyHeritage ini tersedia di android. Pengguna bisa menggunakannya dengan mudah. Pertama, unduh aplikasinya kemudian buat akun terlebih dahulu selanjutnya pengguna cukup mengunggah foto yang diinginkan. Dengan menekan ikon Photos dengan menambahkan gambar yang diinginkan untuk bisa digerakkan.

Lalu klik ikon lingkaran yang memiliki tiga garis pendek. Dan selsai, aplikasi MyHeritage akan memproses foto tersebut menghasilkan foto dengan efek bergerak atau sosok di dalam foto seolah hidup dengan menggerakkan kepala, berkedip mata bahkan sedikit tersenyum. bbs

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan