Antisipasi Harga Cabai Kian Meroket, Warga Mulai Inisiatif Tanam Cabai Sendiri

BANDUNG – Kenaikan harga cabai kini telah melambung hingga berada di angka 115 ribu perkilogramnya, hal ini membuat warga kota Bandung mencari cara untuk mengantisipasi kenaikan harga cabai tersebut.

Yanti (48) contohnya, warga Kecamatan Arcamanik ini mengantisipasi kenaikan harga cabai dengan cara mengajak warga untuk menanam tanaman cabai di depan pekarangan atau halaman rumah masing-masing warga.

“Sebenernya kita ibu-ibu udah tau ya, kenaikan harga cabai pasti akan selalu naik, nah makanya kita itu ga Cuma sekarang aja, tapi emang dari dulu suka menanam sayuran kayak cabai dan yang lain-lainya jadi pas ada kenaikan harga ya kita tenang aja, karna kita punya tanaman sendiri buat stock” ujarnya saat di wawancarai pada Minggu (07/03/21).

Ia menuturkan pasalnya penanaman cabai ini telah dilakukan sejak lama dengan cara bergiliran dalam melakukan aktifitas perawatan tanaman dan berkebunnya meski begitu Yanti juga mengaku kegiatan ini mendapat sambutan positif oleh seluruh warga yang tinggal di Jalan Prima Asri Rt.01 Rw03 Kecamatan Arcamanik Kelurahan Cisaranten Endah.

“Alhamdulillah ya udah lama berjalan juga kegiatan ini, warga juga pada seneng, salah satu penghilang stress di kala pandemic, ditambah sekarang harga cabai melambung naik sampai ratusan ribu ibu-ibu juga ga ambil pusing, kalau butuh cabai ya tinggal petik gausah bayar karna kita di sini juga kan nanam nya bareng bareng” ucapnya.

Yanti juga mengatakan dari hasil berkebun warga baik dari hasil bercocok tanam cabai atau tanaman sayuran lain akan dipanen selama satu minggu sekali sedangkan hasil panen akan tetap dibagi rata sesuai jadwal warga yang akan mendapatkan hasil panennya.

Dengan perawatan dan kegiatan berkebun yang rutin pun tanaman cabai di komplek ini juga tidak pernah mengalami gagal panen dan selalu menghasilkan hasil tanaman yang bermanfaat bagi warganya.

“Ya alhamdullillah juga walaupun seminggu sekali panennya walau sedikit tetapi ya warga juga suka dapet hasilnya , ya kegiatan ini banyak manfaatnya lah, apalagi kondisi sekarang kan lagi pandemic dan harga cabai pada naik, apalagi sekarang mau masuk bulan romadhon ya, pasti kebutuhan itu pada naik semua” jelanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan