oleh

Inilah Perbedaan Virus Mutasi B117 dengan Covid-19 Asli Wuhan

JAKARTA – Indonesia sudah menemukan 2 kasus Covid-19 dari mutasi varian baru asal Inggris, B117. Masyarakat diminta tak perlu panik namun tetap mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.

Virus sejatinya selalu bermutasi termasuk virus SARS-COV-2. Lalu apa bedanya mutasi B117 dengan virus asli yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok?

Ahli Spesialis Penyakit Dalam yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan, virus Korona memang seperti juga virus lain selalu mengadakan mutasi atau perubahan. Mutasi tersebut suatu saat akan mengalami mutasi yang domian.

“Jadi misalnya dulu virusnya virus Wuhan kemudian mutasi virus sekarang ini di seluruh dunia mutasi dari virus lama. Akhir-akhir ini ada 2 lagi yakni dari Inggris dan Afrika Selatan,” katanya kepada JawaPos.com, Rabu malam (3/3).

Lalu bedanya dengan virus asli, kata dia, mutasi ini merupakan virus yang mutan di saluran napas. Sehingga menyebabkan produksi jumlah virus jauh lebih banyak dan intens.

“Untungnya tak menyebabkan kegawatan berlebihan dibanding yang lama tak menyebabkan kematian yang tinggi,” tegasnya.

Lalu apakah lebih berbahaya? Dalam arti penyebaran, kata Prof Zubairi, memang lebih cepat menyebar. Tentu lebih berbahaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga