Fitur Terbaru Twitter ini Mungkinkan Kreator Tarik Biaya Pengikut

JAKARTA – Saat ini Twitter mengenalkan fitur baru yang disebut dengan Super Follows, hal ini memungkinkan kreator menarik biaya dari pengikutnya yang ingin mengakses konten tambahan. Dilansir oleh The Verge, konten tambahan yang dimaksud yakni meliputi twit eksklusif, akses ke grup komunitas, langganan newsletter atau lencana yang menunjukkan dukungan terhadap si kreator. Dalam tangkapan layar mockup yang ditampilkan, Twitter menunjukkan contoh di mana pengguna membayar USD 4,99 per bulan untuk menerima serangkaian bonus.

Pihak Twitter mengatakan fitur akan memudahkan kreator untuk mendapatkan tip langsung dari penggemar. Fitur pembayaran seperti itu memang makin populer di kalangan kreator dalam beberapa tahun terakhir. Platform seperti Patreon terbukti sukses besar atau yang lainnya seperti Facebook, YouTube dan GitHub juga memungkinkan pengguna memberikan tip kepada kreator. Selain itu juga, sejak lama Twitter telah rencanakan fitur berbayar ini dan bermaksud sebagai penambah pemasukan pihaknya. Jadi kemungkinan, Twitter akan mengambil potongan dari biaya berlangganan yang dibayarkan ke kreator.

Selain Super Follows, Twitter juga mengumumkan fitur baru bernama Communities yang mana penggunanya bisa membuat dan bergabung dengan grup sesuai topik favorit mereka, misalnya kucing atau tanaman. Pengguna yang menjadi admin Communities juga bisa menetapkan standar aturan yang melampaui terms of services standard milik Twitter. Fitur baru tersebut akan diuji coba secara publik pada akhir tahun ini.

Selajutnya, Twitter juga memperlihatkan fitur baru bernama ‘Safety Mode’. Fitur akan secara otomatis mendeteksi ketika pengguna menerima pesan negatif dari pengguna lain. Pengguna kemudian bisa memblokir atau mute akun yang dianggap mengganggu tersebut. Namun hingga saat ini belum diketahui kapan fitur-fitur ini akan diluncurkan Twitter. (ant/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan